#8Tempat Misteri dan Menakutkan DiJawa Indonesia

Nyi Roro Kidul/Image by Google
Nyi Roro Kidul/Image by Google

FortunaMedia.com|#8Tempat Misteri dan Menakutkan DiJawa Indonesia

Wujudnya misteri-misteri alam yang terjadi di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia, sulit diterima nalar-akal dan logika manusia.
Alam yang terbentang luas ini diciptakan untuk ditaklukan manusia. Meskipun begitu, tetap saja alam menyimpan misteri yang sulit dan tidak dapat dipecahkan oleh manusia.

Dan kebanyakan misteri-misteri yang terjadi di alam tersebut konon berkaitan erat dengan hal-hal yang aneh diluar nalar-akal dan logika manusia. Sehingga misteri-misteri itu menjadi mitos turun-temurun yang akhirnya beranak-pinak dan diyakini oleh banyak orang. Seperti mitos seram dari #8Tempat Misteri dan Menakutkan DiJawa Indonesia ini,

#1. Kawasan Pantai Selatan Pulau Jawa


Konon pantai selatan Pulau Jawa dihuni oleh makhluk jin yang dipimpin Ratu Roro Kidul.

Menurut cerita umum, Kanjeng Ratu Kidul pada mudanya bernama Dewi Retna Suwida, seorang putri dari Kerajaan Pajajaran, anak Prabu Mundhingsari, dari istrinya yang bernama Dewi Sarwedi, cucu Sang Hyang Saranadi, cicit Raja siluman di Sigaluh.

 

Sang putri melarikan diri dari keraton dan bertapa di gunung Kombang. Selama bertapa ini sering nampak kekuatan gaibnya, dapat berganti rupa dari wanita menjadi pria atau sebaliknya. Sang putri wadat (tidak bersuami) dan menjadi ratu diantara makhluk halus seluruh pulau jawa. Istananya didasar samudra indonesia. Tidaklah menghairankan, kerana sang putri memang mempunyai darah keturunan dari makhluk halus.

 

Setelah menjadi ratu sang putri lalu mendapat julukan Kanjeng Ratu Kidul Kencanasari. Ada juga sementara orang yang menyebut Nyai Lara Kidul (di keraton surakarta sebutan Nyai Lara Kidul adalah untuk patihnya, bukan untuk Kanjeng Ratu Kidul sendiri).
Malahan ada juga yang menyebutnya Nyira Kidul. Dan yang menyimpang lagi adalah: Bok Lara Mas Ratu Kidul. Kata “Lara” berasal dari “Rara”, yang berarti perawan (tidak kahwin)


Kawasan pantai selatan yang dianggap angker-menggerunkan  adalah Pantai Parangkusumo (Tempat labuhan Kraton Yogyakarta, dianggap sebagai pintu gerbang gaib keraton Laut Kidul), Pantai Parangtritis, Gua Langse(pertapaan)

Keraton Yogyakarta/Image by Google
Keraton Yogyakarta/Image by Google


#2. Keraton Yogyakarta

Bila berkunjung ke Kraton Jogja di siang hari tentu tidak terlalu terasa keangkerannya. Tapi kalau sudah menjelang senja hingga malam hari suasana berubah 180 derajat.
Memang suasananya indah, lampu-lampu menambah keindahan istana ini. Sunyi senyap suasananya, hanya beberapa abdi dalem(pekerja/pengawal istana) yang lewat. Dilain pihak suasana sakral sangat terasa. Yang paling kuat adalah disekitar bangsal Proboyeksa di belakang bangsal Kencana. Ya pasti..kerana tempat tersebut merupakan tempat penyimpanan pusaka Kraton. Yang menjaga tentunya bukan manusia tapi khusus prajurit dari dunia lain.

 

Menurut cerita seorang penulis yang merupakan fotografer senior yang mendapat tugas untuk mengambil foto bercerita banyak. Mulai dari kamera yang selalu mati ketika dibidikkan disuatu objek. Padahal ketika diulang diobjek lain bisa hidup. Hasil foto yang yang tidak masuk akal ketika dicetak ternyata ada sepasang mata raksasa yang sedang mengawasi.

 

Pelawat berjalan kembali di atas tangga panjang yang mengarah ke puncak bukit Imogiri.  Komplek makam raja-raja Imogiri, Bantul Jogja 1923
Pelawat berjalan kembali di atas tangga panjang yang mengarah ke puncak bukit Imogiri. Komplek makam raja-raja Imogiri, Bantul Jogja 1923

 

#3. Makam Raja-Raja Imogiri

Makam Imogiri merupakan Makam Raja-Raja Kerajaan  Mataram hingga keturunanya Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Untuk masuk kawasan  makam raja harus mengenakan pakaian khusus dan menggunakan peraturan khusus. Tidak boleh sembarangan di makam ini.

 

Taman Nasional Gunung Merapi/Image by mediayogya.com
Taman Nasional Gunung Merapi/Image by mediayogya.com


#4. Gunung Merapi

Setiap tahun Kraton Yogyakarta mengadakan labuhan untuk menghormati penunggu Gunung Merapi digelar Eyang Sapu Jagad. Bagi pendaki gunung Merapi pasti tidak asing dengan pasar Bubrah. Pasar Bubrah adalah pasarnya bangsa mahkluk halus. Watu Gubug di gunung Merbabu adalah pintu gerbang menuju kerajaan gaib. Di puncak Gunung Gede terdapat lapangan luas yang konon pendaki yang berkhemah di sana sering mendengar derap kaki kuda atau melihat istana.

 

Gerbang pintu masuk alas purwo/Image by Google
Gerbang pintu masuk Alas Purwo/Image by Google



#5. Alas Purwo Banyuwangi

Alas Purwo berada di pesisir selatan dekat Pantai Plengkung. Sejak dulu Alas Purwo digunakan untuk menguji ilmu bagi pertapa yang ingin berhubungan dengan dunia gaib.

 

Gunung Tidar Magelang
Gunung Tidar Magelang

 

#6. Gunung Tidar Magelang

 

Gunung Tidar tidak hanya terkenal sebagai ikon atau identiti Kota Magelang. Bagi sebagian orang yang memang menjalani prilaku spiritual , Gunung Tidar merupakan salah satu objek yang menjadi tempat tujuan mereka untuk mendekatkan diri kepada  Allah SWT.

Dahulu, Gunung Tidar terkenal akan ke-angker-annya dan menjadi rumah bagi para Jin dan Makhluk Halus.Jalmo Moro Jalmo Mati;’setiap orang yang datang ke Gunung Tidar bisa dipastikan kalau tidak mati ya modar (dan mungkin hal ini yang menjadi asal usul nama Tidar)

Berdasarkan penuturan Mbah Paiman selaku Juru Kunci Gunung Tidar, di Gunung Tidar terdapat 2 buah makam yaitu Makam Kyai Sepanjang dan Makam Sang Hyang Ismoyo (atau yang lebih dikenal sebagai Kyai Semar). Sedangkan tempat yang selama ini dikenal sebagai Makam Syekh Subakir sebenarnya hanyalah petilasan beliau.

 

Lawang Sewu Dendam Kuntilanak
Lawang Sewu Dendam Kuntilanak




#7. Lawang Sewu

Lawang Sewu sudah terkenal dengan keangkerannya. Orang-orang yang tinggal disekitar perumahan sana sering mengatakan bahwa mereka melihat bayangan-bayangan dan sebagainya.
Lawang Sewu terletak di Semarang, Jawa Tengah dan diberi nama Lawang Sewu yang dalam bahasa Jawa berarti Seribu Pintu kerana bangunan ini mempunyai pintu yang banyak sekali.

Bagi pelancong dari Malaysia kini syarikat penerbangan AirAsia.telah membuka jalur penerbangannya ke kota Semarang ini.Dan Lawang Sewu adalah salah-satu destinasinya.

 

 

Gunung Bromo/Image by www.indonesia.travel
Gunung Bromo/Image by http://www.indonesia.travel

#8.Misteri Gunung Bromo


Peristiwa-peristiwa gaib sering dialami para pendaki hampir di seluruh gunung-gunung yang terkenal dengan keangkerannya. Para pendaki sering diingatkan oleh masyarakat setempat, petugas, maupun peraturan yang jelas-jelas berisi pantangan-pantangan yang berhubungan dengan makhluk halus penghuni gunung yang bersangkutan.

Mitos seram Gunung Bromo yang bikin geger disini adalah lautan pasir. Pasalnya, tidak sedikit pengunjung yang datang ke lautan pasir itu akhirnya tersesat dan kebingungan. Saat mau kembali ke jalan semula, mereka tak menemukan jalan untuk pulang. Akibat tersesatnya pengunjung itu, bukan disebabkan oleh tebalnya kabus di Gunung Bromo. Akan tetapi, kawasan itu memang banyak menyimpan misteri yang tak banyak orang mengetahuinya.

Warga disini percaya, jika pengunjung tersesat maka dia harus membuka bajunya dan memakainya dengan cara membalik. Jadi dengan cara membalik bajunya itu, maka pengunjung yang tersesat akan kembali menemukan arah jalan semula. Sementara itu, di kawasan gunung Bromo ini pengunjung tidak diperbolehkan sembarangan berbicara, tetapi juga tidak boleh buang air kecil di sembarang tempat.

Di kawasan Bromo, juga dipercaya oleh warga menyimpan beragam benda-benda gaib yang dibawa oleh makhluk halus dan kemudian sengaja disimpan di tempat itu. Dan di kawasan itu pula diyakini ada akar gaib, dan tersimpan pula senjata-senjata peninggalan kerajaan Majapahit yang dibawa oleh makhluk halus ke tempat itu. Kerana dianggap tempat sakral dan keramat, maka para pengunjung harus mematuhi aturan yang telah ada dari sejak dulu dan diyakini sejak lama oleh warga sekitar.

Dari cerita-cerita misteri berbau mistis itu yang beredar semuanya terpulang kepada Anda. Satu hal yang pasti hanya kepada Allah SWT semata kita meminta dan berserah. Di dunia ini hanya Allah SWT yang perlu ditakuti, meskipun begitu kita juga patut menghargai sesama ciptaan-Nya.

_____________
Collage Source; vivaforum/pelbagai sumber

Author by Wilhelmina.tumblr.com/

 

Jika anda fikir artikel ini berguna,share dengan rakan dan keluarga anda dengan mengklik pautan di bawah. Terima kasih!

Hendak dulang diberi dulang,Dulang berisi sagu mentah; Hendak pulang kuberi pulang,Tinggalkan jejak barang sepatah.

2 comments

  1. dan lagi gunung kelud yang masih menyimpan seribu legenda sampai kini belum terungkap, keberadaan gunung kelud tidak muncul begitu saja karena menyimpan misteri yang besar yaitu kerajaan brawijaya,,, hehehe,,, sedikit menambahkan supaya di ulas oleh adminnya,

    salam sukses selalu menarik sekali artikel legenda, sampai sekarang masih ingin berfikir cara mengumpulkan cerita untuk saya kemas dan saya tulis,,,,😀

  2. Terimakasih Kang Miftah udah sudi mampir diblog gado2 ini..
    Betul Kang Miftah banyak gunung2 dijawa menyimpan misteri aneh yg belum terungkap..
    seperti gunung kelud ada misteri hebat dibaliknya..

    Salam sukses juga buat Kang Miftah ,saya bila singgah diblognya akang..selalu tulis komen..tp askimetnya akang, anggap komen saya selalu spam..hehee,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s