Cara Budidaya Bunga Melati Yang Menguntungkan(2)

Melati Madagaskar Nama ilmiah: Stephanotis floribunda Asal: Madagaskar Iklim ideal: Dataran rendah - sedang Sinar matahari: Sepanjang hari Media tanam: Tanah-2 : Humus-1 Keperluan air: Sederhana.         Tinggi tanaman rata - rata: 10 meter (merambat)
Melati Madagaskar Nama ilmiah: Stephanotis floribunda /Asal: Madagaskar /Iklim ideal: Dataran rendah – sedang /Sinar matahari: Sepanjang hari /Media tanam: Tanah-2 : Humus-1 /Keperluan air: Sederhana. /Tinggi tanaman rata – rata: 10 meter (merambat)

FortunaMedia.com|Cara Budidaya Bunga Melati Yang Menguntungkan(2)

Tulisan ini merupakan lanjutan artikel bertajuk;[[Bunga Melati Harum Aromanya Banyak Khasiatnya(1)]] tetapi kini dengan judul berbeda. Tak ada masalah. Masih dalam topik yang sama, hanya sekadar variasi tajuk agar terlihat lebih dinamis dalam penampilan. Selamat membaca!

 

Bunga melati putih (Jasminum sambac Air)Photo by wikipedia
Bunga melati putih (Jasminum sambac Air)Photo by wikipedia

Budidaya (penanaman) tanaman bunga melati tidak sulit.Tak hairan, bila bunga melati banyak dijadikan tanaman penghias rumah. Tanaman ini bisa dikembangkan melalui bayak cara. Antara lain melalui biji, stek(keratan-cuttings), cangkok, dan perundukan batang.  

  
Kerana memiliki banyak manfaat dan permintaannya yang cukup tinggi, banyak orang melirik tanaman ini untuk dibudidayakan secara besar-besaran atau agrobisnis .Di Jawa Indonesia misalnya pembudidaya bunga melati,secara menguntungkan
memilih mengembangkan tanaman melati melalui sistem stek. “Dengan cara mengambil batang yang agak tua sedikit, dipotong tiga ruas,” Setelah itu potongan batang itu ditanam di pasu kecil atau polybag.

 

Pengembangan dengan teknik stek,

Selain teknik stek, melati juga bisa dikembangkan dengan sistem pembibitan akar dan sistem perundukan. Namun menurut pembudidaya yang telah berjaya berkata “masing-masing teknik memiliki kekurangan dan kelebihan. “Kalau main kuantiti, maka pakai stek,”

 

Teknik stek merupakan salah satu cara yang efisien dan efektif untuk memenuhi keperluan bibit bunga melati dalam skala besar dalam waktu yang cepat dan mudah dibandingkan dengan teknik lain. Namun, tingkat keberhasilan teknik stek hanya sekitar 70%.

 

Beda dengan teknik perundukan yang memiliki tingkat keberhasilan sampai 100%. Teknik ini dilakukan dengan cara merundukkan batang yang sudah dewasa ke tanah. Melalui teknik ini 100% jadi, tapi kuantiti kurang.

 

Dan beberapa petani lain di Riau Sumatra contohnya mengaku mengembangkan melati dengan dua cara, yaitu melalui biji dan cangkok., kebanyakan pengguna lebih menyukai melati cangkok. Kerana lebih cepat berbunga. Selain itu, kualitinya juga sama dengan pembibitan melalui cara benih.


Dengan teknik cangkok, tanaman sudah bisa berbunga dalam waktu beberapa bulan saja. Sementara bila pengembangan melalui biji, perlu waktu sekitar satu tahun baru berbunga.

 

Menurut penanam bunga melati secara agrobisnis,perawatan melati tidaklah sulit. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah pemangkasan pada daun dan batang. Pemangkasan itu bertujuan menjaga pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi seperti yang diinginkan pemiliknya.

 

Bila dipangkas bagian cabang dan ranting secara cermat, maka akan terbentuk tanaman yang serasi dengan ukuran pasu dan wadahnya. Dan tanaman bunga melati memerlukan sinar matahari langsung. Harus dilimpahi panas terik. Jika ditanam di dataran tinggi juga boleh asalkan mendapat sinar matahari penuh.

 

Sedangkan untuk penyiraman dilakukan rutin yaitu dua kali sehari. Namun, saat musim penghujan, penyiraman bisa dikurangi.Tanahnya jangan sampai terlalu basah.Untuk perawatan lain relatif mudah. Soalnya, tanaman ini tidak memerlukan pemupukan-pembajaan rutin, dan tahan terhadap penyakit.       

(Bersambung)

Khamis 29 Rejab 1435 / 29 Mei 2014,
_____________________

Thank’s to;

– wikipedia.org/Bunga_melati
– peluangusaha.kontan.co.

Author by Wilhelmina.tumblr.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s