Bunga Melati Harum Aromanya Banyak Khasiatnya(1)

Budidaya ( Penanaman) Bunga Melati-saujana mata memandang
Budidaya ( Penanaman) Bunga Melati-saujana mata memandang

FortunaMedia.com|Bunga Melati Harum Aromanya,Banyak Khasiatnya(1)

Zaman dulu-dulu cukup mudah kita menemukan bunga melati dan tanaman hiasan dipekarangan rumah  masyarakat melayu di kampung-kampung atau bandar-bandar kecil di Malaysia.

 

Kenapa kini makin terhakis jiwa minat berkebun atau bercucuk tanam secara kecil-kecilan dipekarangan rumah?
Dari pemantauan sekilas,saya mendapati makin ketara kurangnya kini minat berkebun dimasyarakat melayu,Walau kekurangan lahan kawasan berkebun jadi alasan mereka.Tapi alasan ini tak boleh diterima lagi..

Kerana banyak tanaman-tanaman hiasan yang bukan berperdu besar boleh ditanam di pasu-pasu, polybag malah dibekas-bekas barangan terbuang dari plastik dan lainnya.

Penanaman bunga melati secara besar-besaran di pulau jawa.
Penanaman bunga melati secara besar-besaran di pulau jawa.

 

Sahabat dan rakan-rakan semua pengunjung blog ini,
Pada thread kali ini .saya akan coba mula menulis tentang budidaya tanaman bunga atau tumbuhan-tumbuhan lainnya  baik secara berkebun dipekarangan rumah atau mungkin InsyaAllah dimasa mendatang akan saya sentuh secara agrobisnis sebuah perniagaan yang menguntungkan.

 

Terus terang saya sedari kecil memang dibesarkan didaerah yang kaya akan hasil pertanian agrobisnis,tanaman hiasan bunga-bunga dan lainnya.Jadi minat dan kecintaan terhadap tanaman-tanaman pertanian dan tanaman bunga begitu mendalam sekali.Seperti pepatah Minangkabau “Alam takambang jadi guru”-maksudnya ‘persekitaran kita boleh diteladani dalam aspek kehidupan’

 

Cuma setelah berhijrah ke Kuala Lumpur jadi peneroka bandar puluhan tahun lalu.Hobi berkebun tenggelam beriringan lajunya mengejar kejayaan diri dan keluarga serta  arus permodenan kehidupan bandar besar.
Namun begitu halaman rumah saya tak pernah sepi dari tanaman-tanaman hiasan-bunga.Bahkan saya pernah tanam pohon buah-buahan seperti pohon mangga,belimbing,pisang.
Justru disebabkan  lahan rumah yang sudah tidak mengizinkan,kerana rumah terpaksa direnovasi ,sebab penghuninya makin bertambah ramai ..heheee=)
Maka pohon buah-buahan tersebut dengan berat hati terpaksa ditebang semuanya.padahal salah satu pohon itu sudah berusia 20 tahunan.

 

Kembali ke laptop,

Bunga Melati, tanaman ini bisa ditanam di kebun pekarangan rumah. Tanaman ini merupakan bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang memiliki nama ‘Latin Oleaceae’. Dari ratusan jenis melati, hanya sekitar sembilan jenis yang umum dibudidayakan, salah satunya adalah melati putih. 

Melati putih variety “Grand Duke of Tuscany”, misalnya, biasa digunakan untuk hiasan rambut pengantin dalam upacara pernikahan dari banyak suku di Indonesia. Melati jenis lain yang juga umum dibudidayakan di Jawa adalah melati gambir sebagai bahan baku campuran pengharum minuman teh yang dipercaya memiliki manfaat bagi kebugaran tubuh.

 

Dan di Malaysia jenis Melati putih mudah ditemukan dipekarangan rumah etnik India yang beragama Hindu disamping digunakan untuk hiasan rambut wanita India.Permintaan dan penggunaan bunga melati putih amat tinggi dikalangan etnik India-Hindu kerana digunakan untuk persembahan keagamaan  dan upacara agama seperti pada hari Depaavali dan upacara agama lainnya.

 

Manfaat Bunga Melati,

Bunga melati bermanfaat sebagai bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetik, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati yang populer di Indonesia.

 

Bunga dan daun-daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk mengurangi atau menghentikan keluarnya susu ibu, dalam rupa bunga yang diremukkan atau tapal-tuam daun-daunan yang ditampalkan di atas payudara.

 

Tapal (Tuam) daun-daun dari beberapa jenis melati dipakai untuk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun-daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati sariawan dan pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang telah bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka.

 

Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mengatasi radang paru-paru, bronchitis, dan juga asthma-lelah. Akar yang ditumbuk dijadikan tapal(tuam) untuk menyembuhkan keseleo-terkilir atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac memiliki khasiat kuat sebagai penenang (sedativa), anestetik, dan penyembuh luka.

Beberapa jenis melati juga ditanam sebagai penghias taman.

(Bersambung)

Khamis 29 Rejab 1435 / 29 Mei 2014,

__________________

Thank’s to;
– wikipedia.org/Bunga_melati

Author by Wilhelmina.tumblr.com/

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s