Fosil Dinasours seberat 14 gajah Afrika Ditemukan di Argentina

Tulang-tulang paha 'disambungkan ke ...: Seorang juruteknik bersebelahan dengan tulang paha dinosaur - mungkin yang terbesar pernah berkeliaran bumi/Photo by dailymail.co.uk
Tulang-tulang paha ‘disambungkan ke …: Seorang juruteknik berbaring bersebelahan dengan tulang paha dinosaur – mungkin yang terbesar pernah berkeliaran di bumi kita/Photo by dailymail.co.uk

 

 

FortunaMedia.com|Fosil Dinasours seberat 14 gajah Afrika Ditemukan di Argentina

Dinosaurs adalah kelompok haiwan purbakala dari klad[a]Dinosauria. Dinosaurs pertama kali muncul pada periode(tempoh) Trias[b], sekitar 230 juta tahun yang lalu, dan merupakan vertebrata[c] dominan selama 135 juta tahun, yang dimulai sejak periode Jura[d] (sekitar 201 juta tahun yang lalu) hingga berakhirnya periode Kapur[e] (60 juta tahun yang lalu), dan kemudian musnah akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum Era Mesozoikum[f].

 

Studi terhadap fosil dinosaurs menunjukkan bahwa spesies burung berevolusi dari dinosaurs theropoda selama periode Jura, dan akibatnya, ribuan jenis burung yang hidup sekarang telah diklasifikasikan sebagai sub-kelompok dinosaurs oleh para paleontolog[g]. Beberapa burung yang selamat dari kepunahan 66 juta tahun yang lalu beserta keturunannya melanjutkan keberlangsungan hidup dinosaurs sampai sekarang.

 

Penemuan: Ahli paleontologi Jose Luis Carballido (L) dan Ruben Cuneo berpose di samping tulang dinosaurus di sebuah peternakan di La Flecha,west of the Argentina's Patagonian city of Trelew/Photo by dailymail.co.uk
Penemuan: Ahli paleontologi Jose Luis Carballido (L) dan Ruben Cuneo berpose di samping tulang dinosaurs di sebuah peternakan di La Flecha,west of the Argentina’s Patagonian city of Trelew/Photo by dailymail.co.uk

Sejak fosil dinosaurs ditemukan pertama kali pada awal abad ke-19, rangkaian kerangka dinosaurs telah menjadi atraksi( daya tarik) utama di berbagai muzeum di seluruh dunia, dan dinosaurs juga telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan dunia. Ukurannya yang besar serta sifatnya yang dianggap buas dan mengerikan telah menyebabkan munculnya buku-buku dan filem-filem laris yang mengisahkan mengenai dinosaurus, misalnya Jurassic Park. Tingginya antusiasme publik terhadap dinosaurs menyebabkan meningkatnya aliran dana untuk membiayai penelitian dinosaurs dan penemuan-penemuan terbaru secara teratur selalu diliput oleh media.

 

Sebelum Anda meneruskan membaca artikel yang penuh dengan istilah sintifik-biology ini.Ada baiknya Anda juga baca artikel berkaitan penemuan “Fosil Dinosaurs Ditemukan di Malaysia”disini;

Klik;/Top-NewsFosil-Dinosaurs-Ditemukan-di-Malaysia/

 Tulang paha dinosaurus yang baru saja ditemukan di Argentina hampir setara dengan tinggi manusia. Berdasarkan ukuran tulang paha itu, ilmuwan memerkirakan dinosaurus yang ditemukan punya ketinggian 25 meter dan berat 77 tan.
Tulang paha dinosaurs yang baru saja ditemukan di Argentina hampir setara dengan tinggi manusia. Berdasarkan ukuran tulang paha itu, ilmuwan memperkirakan dinosaurs yang ditemukan punya ketinggian 25 meter dan berat 77 tan.


Penemuan spesies baru Titanosauria dianggarkan  seberat 14 gajah Afrika


Para pakar Paleontologi baru-baru ini menemukan fosil dinosaurs, fosil Dinosaurus itu pertama kali ditemukan oleh seorang petani Patagonia.di sebuah ladang peternakan di wilayah La Flecha, sekitar 250 km barat Trelew, Patagonia,Argentina Amerika Latin(Selatan), dikategorikan termasuk golongan Toranosaurs.

Team paleontologi, mengatakan, “dinosaurs baru ini adalah haiwan paling besar yang pernah hidup di muka bumi.”

Para Ilmuwan berpendapat  berdasarkan penemuan fosil tulang paha yang ukurannya luar biasa besar, hampir setinggi manusia.

Diperkirakan ,dinosaurs itu memiliki panjang tubuh 40 meter dan tinggi 20 meter dengan leher tegak, setara dengan bangunan tujuh tingkat.

Mempunyai berat 77 tan, dinosaurs yang baru saja ditemukan itu juga 14 kali lebih berat dari gajah Afrika dan mengalahkan rekod dinosaurs terbesar yang ditemukan sebelumnya, Agentinosaurs.

Pakar Paleontologi mempercayai, dinosaurs jenis Tiranosaurs yang ditemukan itu merupakan pemakan tumbuhan dan hidup pada masa akhir Cretaceous, 95 – 100 juta tahun lalu.

Fosil kemudian diekskavasi oleh team ilmuwan dari Museum paleontologi Egidio Feruglio, dipimpin oleh Jose Luis Carbadillo dan Diego Pol.

Team paleontolog berhasil mengekskavasi(menggali) tulang belulang dari 7 individu, sekitar 150 tulang secara total, dalam kondisi yang sangat baik.
Dan pada waktu ini , ilmuwan belum menamai dinosaurs itu secara rasmi. Namanya mungkin nanti  akan didasarkan pada lokasi tempat penemuan atau petani yang pertama kali menyadari keberadaannya.

 Image Ilustrasi -2014. Dinosaurus Amerika Selatan yang baru dikenal pasti menggunakan ekor cambuk seperti untuk menangkis predator
Image Ilustrasi -2014. Dinosaurs Amerika Selatan yang baru dikenal pasti menggunakan ekor cambuk seperti untuk menangkis predator

Keterangan Istilah Saintifik –Scientific term information ;

klad[a]Dinosauria ;
Klad atau klade adalah suatu kelompok taksonomi yang memiliki satu leluhur bersama dan semua keturunannya juga berasal dari moyang tersebut. Kelompok semacam itu dikatakan sebagai kelompok monofiletik, yang dapat digambarkan melalui analisis filogenetika, seperti dalam diagram pohon atau suatu kladogram.

Jika suatu klad secara konsisten selalu muncul dalam berbagai analisis kladistika dengan menggunakan berbagai himpunan data, klad tersebut dapat diadopsi dalam taksonomi dan dapat menjadi suatu takson. Meskipun demikian, tidak semua takson yang diakui saat ini dapat dianggap sebagai klad. Reptilia, misalnya, merupakan kelompok parafiletik kerana tidak memasukkan aves (burung) yang juga dianggap berevolusi dari leluhur yang sama dari reptilia.

periode(tempoh) Trias[b];

Trias adalah suatu periode atau tempoh dalam skala waktu geologi yang berlangsung antara 251 ± 0,4 hingga 199,6 ± 0,6 juta tahun yang lalu. Periode ini berlangsung setelah Permian dan diikuti oleh Jura. Awal dan akhir periode Trias masing-masing ditandai dengan peristiwa kepunahan besar. Peristiwa kepunahan yang mengakhiri periode Trias baru-baru ini berhasil ditentukan waktunya secara lebih akurat, tapi sebagaimana halnya dengan periode geologi lain yang lebih tua, lapisan batuan yang mencirikan awal dan akhir teridentifikasi dengan baik, tapi waktu persis awal dan akhir periode ini memiliki ketidakpastian sebanyak beberapa juta tahun.

Semasa periode Trias, kehidupan laut dan daratan menunjukkan sebaran adaptif yang dimulai dengan biosfer yang sangat miskin setelah peristiwa kepunahan Permian-Trias. Karang dari kelompok Zoantharia muncul untuk pertama kalinya. Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) mungkin mulai berkembang pada periode Trias, seperti juga vertebrata terbang pertama,; pterosaurs.

vertebrata[c];

Vertebrata adalah subfilum dari Chordata, mencakup semua haiwan yang memiliki tulang belakang yang tersusun dari vertebra. Vertebrata adalah subfilum terbesar dari Chordata. Ke dalam vertebrata dapat dimasukkan semua jenis ikan (kecuali remang, belut jeung, “lintah laut”, atau hagfish), amfibia, reptilia, burung, serta haiwan menyusui. Kecuali jenis-jenis ikan, vertebrata diketahui memiliki dua pasang tungkai (limbs-anggota badan)

Vertebrata memiliki sistem otot yang banyak terdiri dari pasangan massa(mass pair), dan juga sistem saraf pusat yang biasanya terletak di dalam tulang belakang. Sistem respirasi-pernafasan menggunakan insang atau paru-paru.


periode Jura[d];

Jura adalah suatu periode-tempoh utama dalam skala waktu geologi yang berlangsung antara 199,6 ± 0,6 hingga 145,4 ± 4,0 juta tahun yang lalu, setelah periode Trias dan mendahului periode Kapur. Lapisan batuan yang mencirikan awal dan akhir periode ini teridentifikasi dengan baik, tapi waktu tepatnya tidak dapat dipastikan antara 5 hingga 10 juta tahun. Jura merupakan periode pertengahan Era Mesozoikum, yang dikenal juga dengan “Zaman Dinosaurus”. Awal periode ini ditandai dengan peristiwa kepunahan Trias-Jura.

 

Nama periode ini diberikan oleh Alexandre Brogniart  berdasarkan banyaknya batu kapur laut yang ditemukan di Pegunungan Jura, di daerah penemuan di Jerman, Perancis, dan Switherland.

 

periode Kapur[e];

Periode Kapur atau Cretaceous adalah salah satu periode pada skala waktu geologi yang bermula pada akhir periode Jura dan berlangsung hingga awal Paleosen atau sekitar 145.5 ± 4.0 hingga 65.5 ± 0.3 juta tahun yang lalu. Periode ini merupakan periode geologi yang paling lama dan mencakup hampir setengah dari era Mesozoikum. Akhir periode ini menandai batas antara Mesozoikum dan Kenozoikum.

Periode ini ditandai sebagai suatu periode terpisah pertama kali oleh ahli geologi Belgia, Jean d’Omalius d’Halloy, pada tahun 1822 dengan menggunakan stratum di Basin Paris dan mendapat namanya berdasarkan banyaknya lapisan kapur (kalsium karbonat) yang terbentuk oleh cangkang invertebrata laut, terutama coccolith) yang ditemukan pada periode Kapur Akhir di Eropah daratan dan Kepulauan Britania(United Kingdom)

Era Mesozoikum[f]:

Mesozoikum (Bahasa Yunani: μεσο, meso, “antara” dan ζωον, zoon, “haiwan” atau berarti “haiwan pertengahan”) adalah salah satu dari tiga era geologi pada eon Fanerozoikum. Pembagian waktu menjadi era ini diawali oleh Giovanni Arduino pada abad ke-18, walaupun nama asli yang diberikannya untuk Mesozoikum adalah Sekunder (menjadikan era moden menjadi Tersier). Era yang berlangsung antara Paleozoikum dan Kenozoikum ini sering pula disebut Zaman Kehidupan Pertengahan atau Zaman Dinosaurs, mengikuti nama fauna yang dominan pada masa itu.

 

Mesozoikum ditandai dengan aktiviti tektonik, iklim, dan evolusi. Benua-benua secara perlahan mengalami pergeseran dari saling menyatu satu sama lain menjadi seperti keadaannya saat ini. Pergeseran ini menimbulkan spesiasi dan berbagai perkembangan evolusi penting lainnya. Iklim hangat yang terjadi sepanjang periode juga memegang peranan penting bagi evolusi dan diversifikasi spesies hewan baru. Pada akhir zaman ini, dasar-dasar kehidupan modern terbentuk.

 

Mesozoikum berlangsung kurang lebih selama 180 juta tahun, antara 251 hingga 65 juta tahun yang lalu. Era ini dibagi menjadi tiga periode: Trias, Jura, dan Kapur.

 

paleontolog[g]:

Paleontologi atau palaeontologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan prasejarah. Paleontologi mencakup studi fosil untuk menentukan evolusi suatu organisme dan interaksinya dengan organisme lain dan lingkungannya (paleoekologi). Pengamatan paleontologi telah didokumentasikan sejak abad ke 5 sebelum masehi. Sains paleontology berkembang pada abad ke 18 ketika Georges Cuvier melakukan anatomi komparatif, dan berkembang secara cepat di abad ke 19. Istilah paleontologi sendiri berasal dari bahasa Yunani, παλαιός, palaios, “tua, kuno”, ὄν, on (gen. ontos), “makhluk hidup” dan λόγος, logos, “ucapan, pemikiran, ilmu”

Paleontologi berada pada batas antara biologi dan geologi, namun berbeda dengan arkeologi kerana paleontologi tidak memasukkan kebudayaan Homo sapien moden. Paleontologi kini mendayagunakan berbagai metode ilmiah dalam sains, mencakup biokimia, matematika, dan teknik.

Penggunaan berbagai metode ini memungkinkan paleontologi untuk menemukan sejarah evolusioner kehidupan, yaitu ketika bumi menjadi sesuatu yang mampu mendukung terciptanya kehidupan, sekitar 3.800 juta tahun silam Dengan pengetahuan yang terus meningkat, paleontologi kini memiliki subdivisi yang terspesialis, beberapa fokus pada jenis fosil tertentu, yang lain mempelajari sejarah lingkungan dalam paleoekologi, dan yang lain mempelajari dalam iklim dalam paleoklimatolo

Rabu 21 Rejab 1435 / 21 Mei 2014
______________________

Rujukan penulisan;

wikipedia.org/wiki/Dinosaurs
dailymail.co.uk/tribun.news
Author by
Wilhelmina.tumblr.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s