10 Fakta Makanan Produksi AS Yang Dilarang Import Beberapa Negara[02]

 

Khamis 2 Jamadilakhir 1435 / 3 April 2014

FortunaMedia.com |10 Fakta Makanan Produksi AS Yang Dilarang Import Beberapa Negara[02]

Artikel ini lanjutan dari thread terdahulu ,untuk memahami entry kedua ini .Anda perlu kembali membaca thread pertama yang berkaitan  bertajuk ;10 Fakta Makanan Produksi AS Yang Dilarang Import Beberapa Negara[01]


Amerika Syarikat secara perlahan bangun dengan fakta menyedihkan bahwa banyak makanan yang dijual di AS jauh lebih rendah qualitynya daripada makanan yang sama yang dijual di negara-negara lain. Bahkan, banyak dari makanan yang Anda makan yang DILARANG import di negara lain
.
 

Berikut ini adalah sebahagian dari 10 kategori besar makanan dan minuman buatan Amerika Syarikat yang paling banyak ditolak untuk di import  ke berbagai negara di dunia, termasuk diharamkan pula oleh negara-negara sekutunya:

 

4. Minuman “Tahan Api” (Flame Retardant Drinks)

 

Sudah lumrah di Amerika Syarikat  minuman seperti Mountain Dew dan beberapa minuman perisa soda oren dengan rasa lainnya serta minuman tonik sukan, maka Anda juga mendapatkan dosis bahan kimia sintetis (synthetic chemical), yang dinamakan Minyak Sayur Brominasi Sintetis atau Brominated vegetable oil (BVO), yang pada awalnya dipatenkan oleh perusahaan kimia sebagai flame retardant atau bahan kimia yang tahan api.

 

BVO telah terbukti bio-akumulasi dalam jaringan payudara dan kelenjar susu manusia dan kajian pada haiwan telah menemukan bahan itu menyebabkan masalah reproduksi dan perilaku dalam dosis besar. Brom-BVO merupakan depresan sistem saraf pusat (central nervous system depressant) dan juga merupakan disruptor endokrin(pengganggu endokrin) umum (common endocrine disruptor).  Bahan ini adalah bagian dari keluarga halida, yaitu sekumpulan elemen yang mencakup fluor, klor dan yodium.

Menurut artikel:

FDA telah plin-plan atau menyembunyikan fakta pada efek sampingan yang ditimbulkan oleh BVO yang awalnya mengklasifikasikan sebagai ‘umumnya diakui aman’ tetapi sekarang membalikkan pernyataan itu dan mendefinisikannya sebagai ‘interim makanan aditif ‘ , sebuah kategori yang disediakan untuk zat yang mungkin dipertanyakan untuk dapat digunakan ke dalam makanan.”

 

Bila tertelan, maka bromin bersaing untuk reseptor sama lainnya, yang digunakan untuk menangkap yodium. Hal ini justru dapat menyebabkan kekurangan yodium dalam tubuh dan dapat manjadikan dampak yang sangat merugikan pada kesihatan Anda. Toksid Brom dapat bermanifestasi menjadi ruam pada kulit, jerawat, kehilangan nafsu makan, kelelahan dan aritmia pada jantung (cardiac arrhythmias):Produk dari AS ini dilarang di import oleh: Eropah dan Jepun.

 

5. Makanan Olahan Mengandungi Pewarna Buatan (Processed Foods Containing Artificial Food Colors and Dyes)

 

 

Ada lebih dari 3.000 makanan tambahan/segera(food additives) – pengawet, perasa, warna dan bahan lainnya – yang ditambahkan ke makanan di AS, termasuk makanan bayi dan makanan yang ditargetkan untuk kanak-kanak. Sementara itu, banyak di antaranya telah dilarang di negara-negara lain, berdasarkan penelitian telah menunjukkan toksid (beracun) dan efek kesehatan yang berbahaya, terutama berkenaan dengan efek buruk pada perilaku kanak-kanak.

Misalnya seperti yang dilaporkan dalam artikel fitur :

 

“Boxed Mac & Cheese, cheddar rasa kerupuk, Jell-O dan banyak ‘sereal kanak-kanak (children’s cereal ) mengandung jenis warna Red-40, Yellow-5, Yellow-6, dan / atau Blue-2, adalah pewarna yang paling populer digunakan di Amerika Syarikat. Penelitian telah menunjukkan “pelangi” ini aditif dan dapat menyebabkan masalah perilaku serta kanker, cacat lahir dan masalah kesehatan lainnya pada haiwan di laboratorium. Red-40 dan Yellow-6 juga diduga menyebabkan reaksi alergi hiper-sensitiviti seperti pada kanak-kanak. Pusat Ilmu Pengetahuan untuk Kepentingan Awam (Science in the Public Interest) melaporkan bahwa beberapa pewarna juga ‘terkontaminasi’, dikenal dengan istilah karsinogen.”

 

Pada tahun 2009, pemerintah Britain  menyarankan syarikat-syarikat untuk berhenti menggunakan pewarna makanan pada akhir tahun itu. Kesatuan Eropah juga memerlukan pemberitahuan peringatan pada kebanyakan makanan yang mengandungi pewarna. Dilarang di import oleh: Norway dan Austria

 


6. Ayam Campuran Arsenik (Arsenic-Laced Chicken)

 

Obat berbahan  arsenik yang disetujui untuk digunakan dalam makanan tambahan ternak di Amerika Syarikat kerana mereka membuat haiwan tumbuh lebih cepat dan membuat daging tampak pinker (yaitu “segar”) atau  berwarna merah muda. Badan Pengawasan Makanan dan Obat AS, Food and Drug Administration (FDA) telah menyatakan produk ini aman kerana mengandung arsen organik, yang kurang beracun dari bentuk anorganik lainnya yang dikenal merupakan karsinogen.

 

Masalahnya adalah, laporan ilmiah yang muncul menyatakan bahwa arsenik organik ternyata bisa berubah menjadi arsenik an-organik, yang telah ditemukan dalam kadar tinggi pada ayam supermarket! Arsenik an-organik juga mencemari bahan baja  di mana ia akhirnya dapat bermigrasi ke dalam air minum dan juga dapat menyebabkan kadar arsenik tinggi dalam beras Amerika.

 

Pada tahun 2011, Pfizer mengumumkan secara sukarela akan menghentikan pemasaran pakan aditif berbahan arsenik Roxarsone, tetapi masih ada beberapa jenis lain di pasaran. Beberapa kumpulan peduli lingkungan telah mengajukan gugatan terhadap FDA untuk menghilangkan zat racun itu dari pasaran.  Sementara itu, di Kesatuan Eropah, senyawa berbasis arsenik tidak pernah disetujui sebagai makanan yang aman bahkan untuk makanan tambahan  ternak. Produk dari AS ini dilarang di import oleh:Kesatuan Eropah

 

 

7. Roti Mengandungi Potassium Bromate (Bread with Potassium Bromate)

 

Kita mungkin tidak menyadari hal ini, tapi hampir setiap kali Kita makan roti di sebuah restoran atau mengkonsumsi burger dan sejenisnya, yang Kita konsumsi adalah Bromida, seperti yang biasa digunakan dalam tepung. Penggunaan potassium bromate sebagai aditif untuk roti komersil dan dipanggang, telah menjadi kontributor besar untuk konsumsi bromida yang berlebihan di dalam budaya Barat.

 

Tepung Bromated telah ” diperkaya” dengan Kalium Bromat. Perusahaan kek komersil mengklaim bahwa  itu membuat adonan lebih elastis dan lebih mampu berdiri untuk mengkaitkan roti, sebuah masalah yang struktural. Namun, Pepperidge Farm dan syarikat sukses lainnya telah berhasil hanya menggunakan tepung Unbromated tanpa ada  “masalah struktural”.

Penelitian telah mengkaitkan Kalium Bromat terhadap masalah ginjal dan kerosakan sistem saraf, masalah tiroid, ketidaknyamanan pencernaan dan kanser. Badan Internasional untuk Penelitian Kanser mengklasifikasikan bahwa kalium bromat yang sangat mungkin sebagai karsinogen. Produk dari AS ini dilarang di import oleh: Kanada, China dan Negara Kesatuan  Eropah
__________________

Untuk memudahkan pembacaan dan pemahaman serta tak membosankan ,maka artikel ini ditulis jadi tiga bahagian;01/02/03.
Terimakasih kerana telah membaca thread ini.

Bersambung

 ___________________

Pustaka;

http://www.foxnews.com/leisure/icc.wp.com
Shared and Editor by Wilhelmina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s