#Tragedi MH370;Gairah Pilot MH370 pada Simulatornya…


Pilot Zaharie Ahmad Shah dan simulator kebanggannya. Zaharie adalah pilot pesawat MH370 milik Malaysia Airlines yang hilang sejak 8 Mac 2014. Gambar dikutip dari laman Wall Street Journal edisi 17 Mac 2014

Selasa 23 Jamadilawal 1435 / 25 Mac 2014

FortunaMedia.com |#Tragedi MH370;Gairah Pilot MH370 pada Simulatornya…

HONGKONG— Pilot pesawat Malaysia Airlines, Zaharie Ahmad Shah, menghabiskan ribuan jam di simulator pribadi di rumahnya. Dia pun terlihat bangga dengan poin yang dia capai, menggambarkan seberapa bergairahnya Zaharie terhadap “gamenya” itu.

 

Pada malam 17 November 2012, misalnya, Zaharie meng-upload gambar dari simulator yang baru dipasang , berikut spesifikasinya, ke dalam sebuah forum online. “Mengagumkan. Ini yang membuatku bergairah,” ujar dia dalam forum tersebut sebagaimana dikutip Reuters, Senin (24/3/2014).

Dalam forum itu pula, Zaharie mengatakan bahwa sekarang adalah waktu untuk naik ke level berikutnya di simulator tersebut, yang menggunakan pengatur gerakan (motion controller). Melalui  forum itu pun Zaharie mengumumkan bahwa dia mencari lawan gamenya.

Pengatur gerak akan membuat pengguna simulator seolah benar-benar berada di dalam kokpit pesawat, merasakan saat pesawat naik, turun, ataupun berbelok. Zaharie juga merancang posisi beragam pada peralatan simulatornya, misalnya kondisi di dalam kokpit pesawat, termasuk panel di atas kepala.

Tak dapat dipastikan, berapa uang yang sudah dihabiskan Zaharie untuk merakit seluruh simulatornya. Namun, Reuters secara kasar memperkirakan bahwa dana yang dihabiskan lebih dari 7.000 dollar AS. Hitungan pasti susah didapatkan kerana beragamnya harga aksesori simulator.

 

Misalnya, replika Boeing 737 di Flight Simulator Center berharga hampir 5.000 dollar AS. Satu panel overhead berharga 800 dollar AS. Belum lagi soal perangkat lunak yang dipasang. Selain itu, simulator Zaharie memungkinkannya mendarat di lebih dari 33.000 airport, kapal induk, tempat carigali minyak lepas pantai, sampai landasan helikopter di atas bangunan.

“Perangkat lunak di simulator Zaharie ini memungkinkannya mendapatkan pasangan bermain secara online, dan membuat simulasi berbagai kondisi kerosakan, darurat, ataupun kondisi ketika pesawat kembali ke airport dan lainnya,” kata ahli simulator penerbangan dari Jepun, Naoya Fujiwara. Zaharie, kata  Fujiwara, bisa melakukan simulasi cuaca bahkan mengupload  prakiraan cuaca dari dunia nyata, termasuk data angin dan suhu dari server profesional.

Namun, sampai saat ini belum diketahui, mengapa Zaharie menghapus data penerbangan di simulatornya pada 3 Februari 2014. Kapasiti ruang penyimpanan data masih tersedia di simulatornya.

“Pada masa sekarang, kapasiti penyimpanan bukan lagi masalah untuk komputer yang menjalankan permainan simulator,” kata Fernando Nunez Correas, seorang pengembang perangkat lunak simulasi seperti yang dimiliki Zaharie.

Dugaan sejauh ini, penghapusan data terkait pemeliharaan rutin untuk meningkatkan prestasi simulator. Satu hal lagi, Nunez mengatakan bahwa Zaharie tidak berlatih menghindari radar menggunakan simulator pribadinya. Ini kerana memang tak ada fasilitas untuk melatih hal itu di simulator tersebut.

______________________

Sumber;
Palupi Annisa Auliani/kompas.com
Editor by Wilhelmina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s