#Tragedi MH370;Data dan Pertanyaan Tersisa dari Penerbangan MAS# MH370


Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak saat menyampaikan khabar terbaru terkait pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang, Isnin (24/3/2014).

Selasa 23 Jamadilawal 1435 / 25 Mac 2014

FortunaMedia.com |#Tragedi MH370;Data dan Pertanyaan Tersisa dari Penerbangan MAS# MH370

KUALA LUMPUR – Selama 15 hari, upaya pencarian penerbangan MH370 milik Malaysia Airlines yang hilang sejak Sabtu (8/3/2014), mengalami pasang surut. Isnin (24/3/2014), pencarian itu berujung dengan khabar duka.

Berikut ini, data dan pertanyaan atas insiden penerbangan tersebut:

Data yang ada:

1. Pesawat kemalangan.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak berdasarkan data satelit menyatakan penerbangan berakhir di Samudra Hindi Selatan, di kawasan terpencil yang jauh dari kemungkinan tempat pendaratan.

2. Posisi terakhir

Data dari satelit milik syarikat British memakai metode analisis yang belum pernah digunakan sebelumnya, menunjukkan perjalanan pesawat berakhir di tengah-tengah lautan di sebelah barat Perth, Australia.

3. Tak ada mangsa selamat

Najib mengatakan hanya ada sedikit keraguan bahwa 239 orang yang ada di pesawat itu meninggal.

Pertanyaan yang tertinggal adalah:

1. Ada apa, siapa pelaku, dan bagaimana caranya?

Pemerintah kerajaan Malaysia tak mengesampingkan segala kemungkinan penjelasan tentang apa yang terjadi pada penerbangan tersebut. Sejauh ini data hanya menunjukkan dugaan pesawat telah dengan sengaja berbalik arah dari route seharusnya menuju Beijing China setelah berlepas  dari Kuala Lumpur, Malaysia. Sejauh ini pula, informasi mengatakan pesawat tersebut berbalik arah bersamaan dengan matinya semua perangkat komunikasi.

Di luar informasi di atas, tak ada yang tahu pasti apa yang terjadi pada penerbangan itu, siapa yang bertanggung jawab, dan bagaimana sampai pesawat berakhir di Samudra Hindi. Pihak berkuasa  penyiasat  atas kecelakaan ini mempertimbangkan segala kemungkinan, termasuk pembajakan, sabotaj, terorisme, hingga masalah kesehatan mental pilot atau sebab seseorang di atas pesawat.

2. Berkas Puing di lautan

Najib tak menjawab apakah para penyiasat telah memastikan puing apa yang terdeteksi oleh satelit dari beberapa negara memang terkait dengan penerbangan MH370 yang hilang.

____________________

Sumber:
Associated Press/internasionalkompas.com
Editor by Wilhelmina.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s