#PrayForMH370:Titik Terang Untuk MAS MH370?


Lokasi penemuan MH370 di Samudera Hindi@ /AMSA/Associated Press

Juma’at 19 Jamadilawal 1435 / 21 Mac 2014

FortunaMedia.com |#PrayForMH370:Titik Terang Untuk MAS MH370?

Australia telah mengirimkan pesawatnya untuk menyelidiki dua objek terjejak satelit yang mengapung di selatan Lautan Hindi yang bisa jadi merupakan puing-puing dari pesawat MH370″, kata Perdana Menteri Tony Abbott seperti dikutip Reuters, Khamis (20/3/2014). Namun sebelum ini belum ada puing-puing terbukti sahih dari Malaysia Airlines Penerbangan MH370 yang sudah ditemukan sejak pesawat ini hilang pada 8 Mac-2014, kurang dari satu jam setelah berlepas.


Seorang pakar mengatakan perlu waktu hingga 48 jam untuk membuktikan kesahihan  puing-puing ditemukan oleh citra satelit di 2.500 kilometer sebelah barat daya Kota Perth, Australia, yang diduga milik pesawat Malaysia Airlines MH370.

“Jika mereka memiliki indikasi kuat bahwa puing-puing ini milik pesawat itu, satu hal harus dilakukan pihak berkuasa pertama adalah menjatuhkan sonar pelampung di dalam air,” kata Michael Daniel, mantan pegawai Administrasi Penerbangan Federal Amerika Syarikat kepada akhbar  the Straits Times, seperti diberitakan  the Star, Khamis (20/3).

“Jika kotak hitamnya ada di sana, pelampung harus dapat mengambil signal. Ini bisa memakan waktu hingga 48 jam, tetapi itu semua tergantung pada seberapa dekat atau jauh kapal dan barang lainnya,” lanjut dia.

“Informasi baru dan kredibel-yang dapat dipercaya-muncul dalam hubungannya dengan pencarian MAS MH370 di Samudera Hindi selatan. Pihak berkuasa Keamanan Maritim Australia (AMSA) telah menerima informasi berdasarkan pencitraan satelit terhadap objek-objek yang kemungkinan berkaitan dengan pencarian (pesawat) itu. Berdasarkan analisis spesialis atas pencitraan satelit in, dua objek yang mungkin berkaitan dengan pencarian telah diidentifikasi,” kata Abbott kepada parlimen Australia.

Abbott mengatakan dia sudah berbicara dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan memberitahukan bahwa objek-objek itu harus terlebih dulu  dikenalpasti.“Tugas menentu/melokasi objek-objek ini akan sangat sulit dan bisa ternyata tidak berhubungan dengan pencarian MH370,” kata Abbott.

Abbott mengatakan pesawat pencari akan tiba di area di mana objek-objek itu terpetakan pada saat dia sedang berbicara di parlimen Australia. Tiga pesawat lainnya akan juga menyusul ke lokasi itu. . Australia memimpin pencarian di bagian selatan dari koridor selatan penerbangan, dengan bantuan Angkatan Laut Amerika Syarikat, demikian Reuters.

Namun tetap suatu yang janggal, aneh bahkan mustahil jika sebuah pesawat keluar dari “jalur penerbangan internasional” sendirian terbang rendah dan bermanuver mengingat pesawat MH370 di desain untuk komersil bukannya untuk bermanuver layaknya pesawat pejuang!

Apalagi jalur route itu masih terjangkau radar militer, terbang sendirian walau rendah namun jika di lautan lepas dan tak ada daratan disekitarnya akan tetap terdeteksi oleh radar militer, apakah lalu tak dicurigai? Daerah tersebut juga berada dalam jangkauan radar Australia dan juga jangkauan radar pangkalan militer AS dan Britain di pulau Diego Gracia.

Pastilah pesawat itu dikesan dan akan dilakukan kontak komunikasi oleh yang pihak berkuasa, apalagi jika identiti pesawat tak diketahui maka akan dicurigai sebagai “pesawat mata-mata” yang kemudian akan “diserang” oleh pesawat tempur-pejuang.

Lagipula jika dibajak/hijack, apa tujuan dari pembajakan itu? Mengingat hingga saat ini tak ada satupun kumpulan atau organisasi yang bertanggungjawab atas pembajakan tersebut!

___________________
Sumber;

Reuters/ICC.wordpress/pelbagai sumber
Editor by Wilhelmina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s