#PrayForMH370:KenapaThailand Simpan Rakaman Radar MAS MH370?

 Waypoint pesawat Malaysia Airlines MH370. Sumber: http://airinfodotorg.files.wordpress.com/

 

Juma’at 19 Jamadilawal 1435 / 21 Mac 2014

 

FortunaMedia.com|#PrayForMH370:KenapaThailand Simpan Rakaman Radar MAS MH370?

Fakta  dengan data yang didapat oleh Reuters. Pada Jumat (14/3/2014), Reuters mendapatkan data lokasi MH370 yang ditangkap radar militer Malaysia setelah menghilang dari radar awam. Data tersebut didapat Reuters dari sumber kepolisan Malaysia yang tidak mau disebutkan namanya.

Dari data tersebut, diketahui MH370 berada di waypoint yang bernama IGARI pada Sabtu (8/3/2014), pukul 01:21 pagi waktu Malaysia. Waypoint IGARI sendiri berada di radial 059 derajat dari radar VOR Kota Bharu.

Setelah itu, MH370 bergerak ke arah barat menuju waypoint VAMPI yang berada di Selat Melaka, atau timur laut Banda Aceh, Indonesia tanpa terdeteksi radar sivil.

Setelah mencapai titik VAMPI, MH370 berbelok sedikit ke timur laut menuju waypoint GIVAL yang berada di selatan Phuket, Thailand, lalu terbang ke arah barat laut menuju waypoint IGREX yang berada di tengah laut Andaman

Untuk fakta dan data rajah radar yang lebih jelas ,Anda baca kembali disini:

https://helmysyamza.wordpress.com/2014/03/16/prayformh370malaysia-airlines-mh370-terbukti-sengaja-hindari-radar/

 

Dengan fakta radar  diatas jelas menunjukkan pesawat MAS #MH370 telah melintasi kawasan udara negara Thailand .namun kenyataan awal-awal lagi pemerintah Thai menyatakan bahwa pesawat #MH370 tidak melalui udara Thailand.

Namun fakta terbaru menyebutkan bahwa pemerintah Thailand menyerahkan rakaman data radar militer mereka yang merekam MH 370 melintas di wilayah udara Thailand. Rakaman data tersebut diserahkan oleh pemerintah Thailand pada hari kesepuluh hilangnya MH 370. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Scott Mayerowitz dari Associated Press.

 

Thailand mengatakan bahwa beberapa radar militer mereka mencatat MH 370 melintas sesaat setelah komunikasi antara ATC (Air Traffic Control) Malaysia dengan MH 370 terputus.

 

Pertanyaan yang muncul, kenapa pemerintah Thailand baru menyerahkan rakaman data radar militer mereka tersebut di hari kesepuluh? Kenapa tidak menyerahkan rakaman data tersebut secepatnya? Pemerintah Thailand mengatakan baru menyerahkan rakaman data tersebut di hari kesepuluh kerana tidak adanya permintaan dari pemerintah kerajaan Malaysia.

 

Tindakan pemerintah Siam-Thailand ini menjadi sorotan banyak negara dunia. Thailand dianggap tidak kooperatif membantu pencarian MH 370 kerana menahan rakaman data radar militer mereka hingga hari kesepuluh. Bahkan tindakan pemerintah Thailand ini dianggap sangat memalukan. Bila mengingat begitu banyak negara membantu Thailand pada saat tsunami menerjang Thailand pada 2004.

 

Akan tetapi Thailand berdiam diri sepuluh hari lamanya menyimpan data penting terkait MH 370. Hal ini dianggap bahwa pemerintah Thailand tidak memikirkan dengan serius keselamatan 239 orang penumpang MH 370 yang berasal dari beberapa kewarganegaraan dari pelbagai negara.

 

Kita berharap kerajaan Malaysia menilai akan sikap kerajaan Thailand yang tiada prihatin ini dengan tragedi yang menimpa negara jiran terdekatnya

 

Tapi pertanyaan yang sama juga dapat ditujukan kepada Malaysia, mengapa Malaysia sendiri tak memiliki atau tak dapat merakam jejak MH370? Kerana MH 370 sendiri telah melalui beberapa radar militer Malaysia saat berbalik arah dari tujuannya semula ke Beijing dan beberapa radar militer Malaysia dapat mencatat aktiviti MH 370 saat melintas.

_______________
Written by Wilhelmina
Sumber;
Reuters/ICC.wordpress/pelbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s