#PrayForMH370;Nilai Klaim Insurance Kemalangan Pesawat untuk Penumpang


Illustrasi;  Image by Google

 

Selasa 9 Jamadilawal 1435 / 11 Mac 2014
Editor by Wilhelmina

FortunaMedia.com |#PrayForMH370;Nilai Klaim Insurance Kemalangan Pesawat untuk Penumpang

INSURANCE suatu bisnis terpenting yang tak mungkin   terpisahkan dalam industri penerbangan,Disebabkan sektor penerbangan termasuk dalam bidang bisnis  beresiko tinggi.


Illustrasi


Dalam kes tragedi  hilangnya pesawat Malaysia Airlines, para penumpang mendapatkan bayaran  santunan insurans yang nilainya telah ditentukan dalam Konvensi Montreal.

Jumlah nilai  klaim bagi penumpang dalam suatu kemalangan mengalami perobahan dari waktu ke waktu, mengikuti laju inflasi global, sedangkan kurs acuannya menggunakan mata uang khusus milik International Monetary Fund (IMF), yaitu Special Drawing Rights (SDR).

Ketika ini, 1 SDR dihargai senilai 1,5 dollar USD,
Perlindungan insurans untuk penerbangan internasional  merujuk  pada Konvensi Montreal (Montreal Convention) yang ditandatangani  pada tahun 1999. Perjanjian tersebut mengatur nilai perlindungan  untuk penumpang pesawat dan barang yang dibawa.

Untuk santunan penumpang, perjanjian itu menyatakan ada dua tahap perlindungan atas penumpang oleh syarikat penerbangan(maskapai). Tahap pertama, maskapai wajib membayar ganti rugi hingga 100.000 SDR(Special Drawing Rights)  atas penumpang yang meninggal atau yang terluka dalam kemalangan  pesawat.

Pada tahap pertama ini, maskapai tidak bisa mengajukan keberatan atau banding kerana sifatnya yang wajib.

Tahap kedua, maskapai membayar biaya hidup keluarga yang ditinggalkan, sebagai bentuk itikad baik syarikat  terhadap keluarga penumpang yang meninggal.
Pada kes kemalangan Air France 447 beberapa waktu lalu, per-keluarga korban menerima tambahan santunan sebesar 25.000 dollar USD.

Untuk santunan tahap kedua ini, maskapai bisa saja tidak memberikan santunannya jika mereka bisa membuktikan tidak lalai atas insiden kemalangan.

Selain soal perlindungan insurans penumpang, Konvensi Montreal juga mengatur mengenai ganti rugi atas barang yang diangkut pesawat yang mengalami kemalangan. Jika barang yang diangkut hilang, rosak atau terlambat datang, maskapai wajib memberi pampasan sebesar 17 SDR per kilogram,

Seorang pakar Insurance yang tak mau disebutkan identitinya menjelaskan; “industri penerbangan memang memerlukan berbagai jenis Insurance “Ada rangka pesawat, penumpang, barang, hingga pihak ketiga,” jelasnya.

Dan setiap syarikat penerbangan pasti memiliki perlindungan Insurance “Syarikat penerbangan antarabangsa dan domestik nilai perlindungannya   boleh  berbeda,” ungkapnya.

Disamping selain Insurance wajib, penumpang pesawat juga bisa mendapatkan tambahan perlindungan Insurance perjalanan jika mereka membeli  insurance policy yang biasanya dijual terpisah secara retail atau didistribusikan melalui agen perjalanan maupun kedai insurance di airport.


Tak hanya penumpang, pihak maskapai juga takkan rugi. Syarikat akan mendapatkan klaim dari kerosakaan pesawat yang ditanggung syarikat insurance khusus.

 
Nilai insurance merujuk pada harga pesawat. Skim insurance pada maskapai cukup rumit kerana terkadang melibatkan banyak pihak, tidak hanya satu company insurance saja.

 

Sumber;
bisniskompas.com/pelbagai info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s