Taliban Pakistan Umumkan Gencatan Senjata

Taliban negotiators.jpg

Ahad 29 Rabiulakhir 1435/2 Mac 2014

Editor by Wilhelmina

FortunaMedia.com |Diancam Pemerintah, Taliban Pakistan Umumkan Gencatan Senjata

TALIBAN Pakistan dilaporkan telah mengumumkan gencatan senjata selama satu bulan terhadap pemerintah Pakistan. Menurut pengakuan perwakilan Taliban pada Sabtu (1/3/2014), gencatan senjata ini bertujuan untuk memulai kembali pembicaraan damai dengan pemerintah Pakistan.

Seorang perunding dari pemerintah tidak bisa mengkonfirmasi bahwa ada jaminan untuk tidak menyerang Taliban, namun pihak pemerintah Pakistan mengatakan pembicaraan bisa dilakukan jika gencatan senjata tidak dilakukan.

Muncul spekulasi dalam beberapa minggu  terakhir bahwa militer Pakistan tengah merencanakan serangan terhadap para pejuang Taliban, setelah pembicaraan antara para pejuang dan pemerintah gagal dilakukan.

“Para pemimpin senior Taliban menyarankan semua sub-kelompok untuk menghormati seruan Taliban untuk menggelar gencatan senjata jika diperlukan. Kami juga meminta untuk menahan diri dari semua kegiatan jihad dalam periode ini,” kata juru bicara Syahidullah Syahid dalam sebuah pernyataan yang dikutip worldbulletin pada Sabtu (1/3/2014)

.

Pembicaraan perdamaian antara pemerintah Pakistan dan pejuang Taliban dimulai pada 6 Februari 2014, namun gagal setelah pejuang mengaku telah mengeksekusi 23 orang dari pasukan militer pemerintah, sebagai perlawanan-balasan  atas pembunuhan pejuang mereka oleh pasukan tentara.

Taliban Pakistan tengah berjuang untuk menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Nawaz Syarif yang cenderung pro-Barat serta membiarkan Syi’ah berkembang bebas. Taliban juga berjuang untuk dan memberlakukan hukum Syariah di negara yang memiliki senjata nuklir ini. [islampos]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s