TOP NEWS:Fosil Dinosaurus Ditemukan di Malaysia


(Fosil Dinosaurus)

Jum’at 27 Rabiulakhir 1435|28 Februari 2014
Editor by Wilhelmina

FortunaMedia.com |TOP NEWS:Fosil Dinosaurus Ditemukan di Malaysia

Team peneliti pakar palenatologi dari Malaysia dan Jepun  untuk pertama kali menemukan fosil dinosaurus di Malaysia. Fosil yang berupa tulang gigi itu ditemukan di wilayah Pahang. Setelah diidentifikasi, fosil itu adalah milik spinosaurus, jenis dinosaurus pemakan ikan,diberitakan website World Science Report.


*
Gigi Dinosaurus jenis Spinosaurus pertama kali ditemukan di Malaysia*


*Spinosaurus-image by iccwordpresscom*

 

Fosil diberi kod UM10575. Ilmuwan yang terlibat penemuan ini berasal dari University of Malaya, Waseda University, dan Kumamoto University, Jepun.

 

Ren Hirayama dari Waseda University, seorang profesor paleontologi, adalah orang yang pertama berhasil mengidentifikasi fosil dinosaurus itu.

 

Berukuran panjang 23 mm dan lebar 10 mm, fosil tulang gigi itu ditemukan di batuan sedimen strata  yang termasuk peninggalan Mesozoikum (peninggalan sekitar 145 — 75 juta tahun yang lalu).

Penelitian ini punya target mengeksplorasi kekayaan fosil yang mungkin ada di Semenanjung Malaysia sebagai sedimen dari periode Jurassic-Cretaceous.

 

Spinosaurus memiliki tengkorak serupa buaya serta gigi berbentuk kerucut. Giginya  juga memiliki gerigi dan kasar di bagian tepinya.

“Kami sudah memulai kerja sama ini dan melaksanakan ekspedisi lapangan untuk mencari simpanan berharga dari dinosaurus di Malaysia sejak September 2012 . Baru-baru ini, kami berhasil mengkonfirmasikan adanya sisa-sisa dinosaurus (fosil gigi) di Pahang,” kata ketua peneliti, Dr Masatoshi Sone, dalam kenyataan persnya.

Spinosaurus, seperti diberitakan Science World Report, Selasa (25/2/2014), telah banyak ditemukan di wilayah Australia, Eropa, dan Asia lainnya.

*Spinosaurus eating fish.by icc.wordpress.com*

Peneliti memperkirakan fosil berupa gigi itu merupakan fosil dinosaurus predator pemakan ikan, disebut spinosaurid, yang berusia sekitar 75 juta tahun. Kerana memangsa ikan, jenis dinosaurus itu disebutkan kategori semi-air alias amfibi.

 

“Berarti dia hidup di sungai dan daratan, ini seperti hippopotamus,” jelas

pemimpin penyelidikan , Masatoshi Sone

 

Fosil dinosaurus yang ditemukan pada sedimentasi batuan itu diperkirakan hidup pada periode akhir Mesozoic, atau sekitar 145-75 tahun yang lalu.

 

 
“Itu menunjukkan masih banyak harapan terkait jejak-jejak dinosaurus di Malaysia,” tambah Masatoshi Sone.
Fosil gigi yang diklaim sebagai bukti dinosaurus pertama yang ditemukan di Malaysia

Dia mengungkapkan, fosil gigi itu merupakan bagian yang paling bagus di antara fragmen yang ditemukan pada situs.

 Peneliti juga mengaku belum bisa menentukan apakah spesies itu berjalan dengan dua kaki seperti T-rex, atau memiliki cakar kuku besar. Sebab, fosil yang ditemukan masih kurang signifikan, hanya gigi saja.

 Team peneliti menekankan perlunya perlindungan situs penemuan itu dan mendesak agar lokasi penemuan hanya boleh dikunjungi oleh peneliti teruji.

Perlindungan untuk situs itu juga penting mengingat lokasinya merupakan tempat terbuka dan dikhawatirkan situs itu dirosak oleh para penggali ilegal untuk kepentingan pengumpulan fosil pribadi.

Mereka berharap bahwa penemuan penting ini dapat menambah kemajuan lebih lanjut soal studi paleontologi di Malaysia dan menambah kekayaan khazanah muzeum.

sumber;icc,wordpress.com/pelbagaisumber


Fosil Gigi Dinosaurus

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s