TIPS#4 Fakta dan Mitos Sekitar Influensa


Apakah benar semangkuk ayam benar-benar bisa menyembuhkan hidung yang ‘bocor’?

Rabu 18 Rabiulakhir 1435/19 Februari 2014
  Editor by Wilhemina

FortunaMedia.com |TIPS#4 Fakta dan Mitos Sekitar Influensa

Apakah benar sup ayam, jus oren-limau dan potongan rimpang halia bisa menghilangkan penyakit sepele tapi fatal ini?



*Kehangatan secawan halia ternyata lebih ampuh*   

 

Menuruti nasehat dari Ibu atau nenek Anda untuk menyembuhkan penyakit memang tak ada salahnya. Tapi, ada baiknya ketahui dulu apakah hal itu bermanfaat atau tidak buat Anda. Menurut Dayong Wu, MD, Ph.D, penyelidik dari Nutritional Immunology Laboratory di Tufts University, tubuh memerlukan  nutrisi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap virus dan mempercepat pemulihan Anda.

Berikut adalah beberapa fakta dan mitos sekitar flu- influensa yang perlu diketahui:

 

#1.Mitos: Nutrisi paling sakti sebagai imun flu adalah Vitamin C

Fakta: Vitamin C memang menolong. Menurut penyelidikan  di Australia, orang yang mengonsumsi 2000 IU vitamin D tiap hari selama dua tahun, cenderung lebih tahan terhadap penyakit dibanding dengan mereka yang tidak. “Ikan adalah makanan yang paling kaya akan vitamin D dan beberapa asam lemak yang terkandung dalam senyawa tersebut bisa menekan fungsi sel kekebalan tubuh dan juga buat tubuh lebih kebal tehadap flu,” kata Dr. Wu.

 

#2.Mitos: Sup ayam ampuh sembuhkan demam dan batuk  saat flu

Fakta: Menurut penyelidikan  Stephen Rennard , M.D., dari University of Nebraska Medical Center, sup ayam bisa melemahkan neutrofil, type sel darah putih yang bisa merangsang penyebaran penyakit. “Kombinasi sayuran, ayam, dan kuah sup yang bergizi adalah kombinasi terbaik untuk sembuhkan demam dan batuk saat flu,” katanya.

 

#3.Mitos: Halia bisa redakan mual saat flu

Fakta: Meski penelitian terhadap hubungan halia dan flu belum dilakukan, tapi penyelidik  percaya kalau halia punya manfaat yang baik buat tubuh. “Seperempat sendok teh bisa hilangkan efek mual sebanyak 40 persen,” kata penyelidik  dari University of Rochester.

 

#4.Mitos: Jus oren-limau bisa mencegah flu dan batuk

 

Fakta: Minum jus limau  memang baik buat kesehatan. Tapi, buah cranberi akan lebih baik mengurangi flu, menurut studi dari University  Florida. Kenapa? Kerana buah tersebut punya nutrisi bernama proanthocyanidins, nutrisi penting untuk buat sel-sel pertahanan agar tubuh tetap terjaga. “Minum dua gelas jus cranberi tiap hari bisa membuat sel-sel tubuh Anda selalu terjaga. Sehingga dapat bereaksi lebih cepat saat ada serangan virus atau bakteri,” kata Susan Percival, Ph.D.

Berbagai Sumber/popworld.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s