Penjelasan Ilmiah tentang ‘hujan petir’ ketika Gunung Kelud Erupsi


(Petir dan Guntur(Guruh)  diatas Gunung Kelud photo by icc.wp)


Ahad 15 Rabiulakhir 1435/16 Februari 2014

Editor by Wilhelmina

FortunaMedia.com | Penjelasan Ilmiah tentang ‘hujan petir’ ketika Gunung Kelud Erupsi

Gunung Kelud sudah melelehkan lavanya dengan taburan kerikil serta abu vulkanik yang menghujani beberapa daerah khususnya yang berada di radius 10-25 km.

Namun, sebelum erupsi terjadi, sekitar pukul 22:55 WIB (13/02), di langit terlihat banyak sekali petir menyambar dengan suara guntur. Secara ilmiah, petir tersebut dalam bahasa Inggris dinamakan dirty thunderstorm atau juga volcanic lightning.

Mengutip dari tulisan di Wikipedia, dirty thunderstorm atau juga volcanic lightning ini merupakan fenomena cuaca yang terjadi ketika aktiviti gunung mulai meningkat dan akhirnya memunculkan petir.

Dalam sebuah penelitian ilmiah, dirty thunderstorm atau juga volcanic lightning terjadi kerana muatan elektrik yang dihasilkan itu terjadi ketika fragmen batuan, abu vulkanik dan partikel ais berlanggaran dan menghasilkan elektrik statis.

Pada umumnya, terdapat sekitar 300 kali petir yang muncul ketika gunung berapi mulai menunjukkan aktivitinya. Erupsi gunung berapi juga melepaskan sejumlah air yang berfungsi sebagai ‘bahan bakar’ badai petir tersebut.

“Selama erupsi terjadi, akan ada banyak petir besar dan kecil serta bunga api yang muncul dan terlihat seperti membelah kawah gunung berapi,” jelas Ronald J Thomas, seorang pakar fizik atmosfer dari New Mexico Tech(merdeka.com)

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s