MUI: Takwil Bencana Melalui Nombor Ayat atau Surah Adalah Salah dan Menyesatkan

Fahmi Salim, MA. anggota Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI Pusat Indonesia

Sabtu 14 Rabiulakhir 1435/15 Februari 2014

 

Editor by Wilhelmina

FortunaMedia.com | MUI: Takwil Bencana Melalui Nombor Ayat atau Surah Adalah Salah dan Menyesatkan

MUSIBAH meletusnya gunung Kelud di Kediri Jawa Timur Indonesia rupanya dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk menyebarkan informasi keliru. Majelis Ulama Indenosia(MUI)angkat bicara soal menyebarnya pesan broadcast yang mencocokkan musibah gunung Kelud dengan ayat atau surah dalam Al Qur’an.

Fahmi Salim, MA. anggota Komisi Pengkajian dan Penelitian Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat  menyatakan bahwa takwil yang demikian ini salah dan menyesatkan.

 

“Nombor ayat atau nombor surah  dalam Al Qur’an tidak berhubungan sama sekali dengan waktu atau tempat suatu bencana,” jelasnya kepada Islampos melalui teks tertulis (15/02/2014)

 

Fahmi justru mempertanyakan, metode takwil semacam itu muncul dari mana, sebab tidak ada ulama dan mufassir muktabar yang menggunakan cara takwil seperti ini.

 

Lebih jauh, Fahmi memberi peringatan bahwa ada ancaman yang keras terhadap mereka yang mentakwil Al Qur’an tanpa dasar-hukum  yang jelas. Fahmi mengutip dua Hadits:

 

“Dan barangsiapa mengatakan tentang Al Qur’an dengan pendapatnya, maka bersiap-siaplah menempati tempatnya di neraka,” (HR. Turmudzi dari Ibnu Abbas).

“Barangsiapa mengatakan tentang AL Qur’an dengan pendapatnya, maka ia tetap salah walaupun pendapatnya benar,” (HR. Turmudzi dari Jundub bin Abdillah)

Fahmi juga menghimbau bahwa kewajiban umat Islam ketika ditimpa musibah adalah istirja’

“Tugas dan kewajiban kita saat terjadi musibah adalah istirja’, istighfar dan muhasabah, dosa apa yang sekiranya pernah kita buat. Wallahu a’lam,” tutupnya.

 [islampos]

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s