Cells Cancer Tumbuh Cepat Jika Anda KurangTidur!

*Rasanya Anda memang benar-benar harus banyak berzikir,baca ayat 3-Qul dan berdo’a sebelum terlelap*

Selasa 03 Rabiulakhir 1435  / 04 Februari 2014

FortunaMedia.com | Cells Cancer Tumbuh Cepat Jika Anda KurangTidur!

Setelah penat beraktiviti, tubuh memang perlu berehat kurang lebih lapan jam untuk setiap harinya. Banyak masalah yang timbul jika Anda kurang tidur pada malam hari, seperti masalah kesehatan fisik ataupun mental. Tapi, meski sudah banyak yang tahu tentang hal itu, banyak pula orang yang menganggap sepele masalah ini!

Tidur malam yang buruk boleh  mempercepat pertumbuhan sel-sel kanser dan membuatnya jadi lebih agresif. Selain itu, terbangun dari tidur secara konstan bisa membuat perubahan hanya dalam empat minggu. Para penyelidik berkata, kuncinya adalah kerosakan sistem kekebalan tubuh yang mampu merusak kemampuannya untuk mengontrol atau membanteras sel kanser sejak dini. Demikian studi dari Jurnal Cancer Research, laporan  Daily Mail.

Para penyelidik  bereksperimen guna tikus yang sudah disuntik dengan sel-sel tumor. Tikus dibagi dalam dua kumpulan, satu kumpulan  dibiarkan tidur dengan waktu yang cukup, sedangkan kumpulan  lain tidur dengan banyak gangguan dan seringkali terbangun. Hasilnya, tumor lebih berkembang cepat dan berkembang lebih agresif pada tikus yang tidurnya terganggu dan sering terbangun!

Efek Pada Manusia 

Menurut David Gozal, Doktor kanak-kanak dari University of Chicago Corner Children’s Hospital, penelitian ini menunjukkan pentingnya kualiti tidur bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, penyelidik  juga harus melakukan penelitian lebih lanjut untuk memperjelas efek ini pada manusia.

Selain itu, ia juga berkata kalau ini bukanlah tumor melainkan sistem kekebalan tubuh. Fragmentasi tidur mengubah cara sistem kekebalan tubuh menghadapi kanser dan membuat penyakit semakin agresif.

Writer : Oberlin Domingo/popworld.com

Editor : Wilhelmina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s