Caleg Indonesia 2014 :From Democracy to Democrazy [01]


(Gedung DPR/MPR-RI di Senayan Jakarta)

Jumat 22 Rabiulawal 1435 / 24 Januari 2014

Editor by Wilhelmina

Variety Explorer.Com |Calon Legislatif Indonesia 2014 :From Democracy to Democrazy

Calon Legislatif 2014 Indonesia:
90% Muka Lama, 10% “Muka Gila”, yaitu Bekas Model Porno, Orang Temperamental, Gentho (Preman-Gengster), Germo PSK(Bapa/Ibu ayam), hingga Terpidana-Banduan.

Inilah salah satu bias demokrasi, konsekwensi berdemokrasi, siapapun sekarang ini bisa jadi pemimpin atau pun penjawat awam, mau dia mantan bajingan, bekas koruptor, bekas germo, bekas mucikari, bekas banduan, bekas pelacur, bekas gentho (preman) atau bahkan masih menggentho, dan lain sebagainya, asal mendapat dukungan terbanyak, bisa jadi calon pemimpin.

Yang terpenting sekarang adalah rakyat Indonesia yang harus cerdas dan bijak untuk menentukan pemimpinnya ke depan agar negeri ini tidak makin terpuruk dan hancur.

(Beberapa anggota MPR/ DPR tidur saat Sidang)

Sembilan Puluh Peratus Caleg 2014 Adalah Muka Lama

Koalisi Untuk Accountability Keuangan Negara (KUAK Negara) menyimpulkan ada 90 peratus anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI(Anggota Parlimen) mencalonkan dirinya kembali pada tahun 2014. Jumlah anggota DPR yang mencalonkan diri kembali tahun depan ada 507 orang.

Perincian anggota DPR yang kembali mencalonkan diri pada Caleg 2014 terdiri dari :

.Parti Demokrat : ada 33 orang,

  • Golkar : ada 82 orang,
  • PDIP : ada 84 orang,
  • PKS : ada 57 orang,
  • PAN : ada 42 orang,
  • PPP : ada 33 orang,
  • Gerindra : ada 24 orang,
  • PKB : ada 26 orang, dan
  • Hanura : ada 16 orang.

Tercatat hampir 90 peratus anggota DPR incumbent(penyandang jawatan)maju lagi dalam Pilihan Raya 2014,” ujar Sri Nilawati dari IBC, Ahad (5/5/2013).

Sri menjelaskan sebagian besar anggota DPR diantaranya mereka diduga akan fokus pada pencarian dana kempen PRU dibandingkan bekerja dengan baik menjelang masa akhir jawatan.

“Kemungkinan akan banyak terjadi proses penyalagunaan wewenang dimana fasilitas negara dan tugas sebagai legislatif dirampas dan diselewengkan untuk kempen PRU 2014,” ungkap Sri Nilawati.

Selain anggota DPR, KUAK juga menemukan data menteri yang mendaftar sebagai caleg ada 10 orang. Berikut menteri-menteri yang mencalonkan jadi caleg :

  • Menteri Perhubungan EE Mangindaan (Parti Demokrat),
  • Menteri Koperasi Syarifudin Hassan (Parti Demokrat),
  • Menkumham Amir Syarifudin (Parti Demokrat),
  • Menteri ESDM Jero Wacik (Parti Demokrat),
  • Menpora Roy Suryo (Parti Demokrat),
  • Menteri Pertanian Suswono (PKS),
  • Menteri Komunikasi & Info (PKS),
  • Menteri Tenaga Kerja &Transmigrasi Muhaimin Iskandar (PKB),
  • Menteri Pemberdayaan Desa Tertinggal Helmy Faisal Zaini (PKB), dan
  • Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (PAN).

                          (Dalam Rapat Paripurna masa sidang 2012-2013, Selasa (1/10), tercatat Anggota DPR(Parlimen)  .sebanyak 251 anggota dewan bolos alias tak hadir. Sedangkan yang hadir hanya 309 anggota.Kerusi2 di Gedung Nusantara II tampak kosong melompong)

Namun ada perhitungan lainnya yang dapat menyatakan bahwa “muka lama tetap akan menghiasi” gedung Parlimen Indonesia yang menghasilkan angka lebih dari 90 peratus.

Kesimpulan itu di dapat kerana dari 560 orang anggota DPR periode 2009 – 2014, sebanyak 507 anggota DPR tetap mendaftar kembali sebagai “muka lama” calon legislatif (caleg) dalam PRU 2014.

Jumlah itu setara dengan 90,5 persen dari total anggota DPR saat ini yang sebanyak 560 orang. Demikian disampaikan koordinator Formappi, Sebastian Salang, Ahad (28/4/2013), di Jakarta.

Salang menyebutkan, dari segi peratusnya, Parti Keadilan Sejahtera(PKS) menjadi parti-politik(parpol) yang paling banyak memakai incumbent (penyandang jawatan), yakni 100 persen dari total penyandang jawatan sebanyak 57 orang. Parti  Golkar menjadi yang paling sedikit yakni 82 orang, atau 86,7 peratus dari total penyandang jawatan   sebanyak 106 orang.

Calon Wakil Rakyat Baru Mantan Artis Seksi

Untuk merebut suara, setiap parti merekrut dari orang-orang terkenal, public figure, tokoh yang memilik massa atau pengikut banyak atau yang memiliki uang banyak sebagai “modal” calon. Salah satu tujuannya adalah, makin banyak dikenal maka akan semakin besar kemungkinan parti akan mendapat suara terbanyak, salah satunya adalah melalui artis dan foto model.

Sejumlah artis berniat mencalonkan diri dalam PRU-2014. Mereka tercatat maju dari berbagai parti. Dengan modal populariti, para artis bermimpi maju ke Parlimen di Senayan. Sebagian kini tampil  dengan mode berjilbab.


    [1]  Venna Melinda, calon legislatif Partai Demokrat tahun 2014.daerah pemilihan VI Jawa Barat. (kaskus.co.id)

 

Sementara itu ratu salsa Venna Melinda kembali berniat maju sebagai anggota dewan, yang pada sebelumnya telah mendaftar sebagai Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPR-RI dari Partai Demokrat periode 2014-2019.

Artis yang sempat stress  dengan perceraiannya ini maju dari Dapil VI Jawa Barat sebagai calon anggota DPR dari Parti Demokrat.

Karier aktingnya dimulai melalui aktingnya dalam filem Catatan Si Boy II. Namun setelah bermain dalam film tersebut ia berhenti dan fokus ke pendidikan.

 

Kariernya terbuka kembali via event  Abang None Jakarta 1993 kemudian Puteri Indonesia 1994. Setelah itu kariernya terus menanjak. Venna menikah dengan Abang Jakarta 1993, dari pernikahan tersebut, mereka dikurniai dua orang anak.

 

Venna Melinda dan suaminya berangkat haji pada 19 Oktober 2012. Lalu, apakah Venna akan mengenakan jilbab setelah menyandang gelar Hajjah? Ditanya begitu, mantan Puteri Indonesia 2004 ini langsung tersenyum.

 

“Insya Allah, kalau sudah panggilan. Kalau panggilan hati lebih afdhal, kerana keinginannya kan bukan cuma di tutup kepala, tapi hati juga soal moral dan tingkah laku berubah lebih baik. Seperti gitu tak bisa dipaksa,” ujar Venna ditemui usai syukuran naik haji di kediamannya di Jakarta Selatan, Sabtu (13/10/2012) lalu. Tapi apa yang kemudian terjadi?

 

Pada tanggal 22 Februari 2013, Venna Melinda melalui kuasa hukumnya melakukan Gugat Cerai terhadap suaminya di Mahkamah Syariah(Agama) Jakarta Selatan. Sejak karier sinetronnya mulai meredup, Venna lebih aktif mengembangkan hobinya dalam hal perawatan tubuh dan kebugaran.

Berawal dari menubuhkan  studio senam, dia lalu merambah dunia Tari Salsa. Venna Melinda sempat memiliki “Sanggar Senam dan Fitness Venna Melinda”, namun akhirnya dia menutup studio senam tersebut kerana ketidakjelasan manajemen yang mengelolanya.

Wanita berdarah Bali ini juga mengeluarkan DVD berisi senam dengan ‘exotic dance’. Ya, Caleg yang akan mengajarkan masyarakat Indonesia  bagaimana bergaya senam dengan gerakan-gerakan erotik.


[2] Angel Lelga, janda Penyani Rhoma Irama, calon legislatif Parti Persatuan Pembangunan (PPP) tahun 2014.daerah pemilihan Solo, Jawa Tengah

Angel Lelga (Parti Persatuan Pembangunan (PPP) daerah pemilihan Solo, Jawa Tengah)

 

Nama Angel Lelga mulai menjadi bahan perbincangan saat dirinya digosipkan menikah siri( unregistered marriages) dengan Rhoma Irama. Rhoma dan Angel Lelga bertemu saat membintangi sinetron “Ibnu Sabil”. Khabar tersebut akhirnya dikonfimasi kebenarannya oleh Rhoma pada saat yang bersamaan mengumumkan perceraian mereka.

 

Angel Lelga lahir di Surakarta,Jawa Tengah 1 Januari 1984 adalah seorang penyanyi, pemeran sinetron dari Indonesia. Ia merupakan perempuan berdarah campuran Kalimantan dan Tionghoa.

Tahun 2007 Angel mengeluarkan album solo bertajuk “Cinta Tanpa Ikatan”, menurut Angel, lagu tersebut merupakan curahan hatinya tentang pernikahan dengan Rohma Irama.

 

Awal April 2012, Angel Lelga dan Indra Bruggman dilaporkan oleh pelakon sinetron bernama Kumala Sari atas tuduhan penggelapan uang.

 

Kumala Sari melayangkan somasi(sapina-subpoena) kepada perusahaan yang dikelola oleh Indra Bruggman, Angel Lelga, dan Tata Liem. Kumala melayangkan sapina setelah merasa dirugikan dengan bisnis parfum.

 

Dua tahun berlalu sejak kasus pernikahan sirinya dengan Rhoma, Angel Lelga kembali digoncang  gosip mengenai pernikahannya dengan pengusaha batu bara asal Martapura, Kalimantan Selatan yang tak lain suami penyanyi dangdut Cucu Cahyati.

 

Kasus tersebut berbuntut panjang kerana adanya saling menuntut antara istri sah dan sekaligus istri pertama  dengan pasal-akta perzinaan. Kemudian Angel juga dituntut terkait dengan tuduhan penipuan dan penggelapan uang 150 juta rupiah.

Kini Angel Lelga baru mulai berjilbab dan maju dari calon Parti PPP daerah pemilihan Solo-Jawa Tengah. Dia mengaku ingin memperbaiki citra DPR yang sudah amburadul.

 

“Saya pilih daerah pemilihan Solo, kerana saya sempat tinggal lama di sana. Saya sudah siap lahir batin. Betul ini dunia yang baru buat saya, tapi mudah-mudahan saya bisa mengikuti,” kata janda Rhoma Irama ini.

 

Jika ia menyatakan bahwa politik adalah “dunia baru” baginya, mengapa ia berani memilih dunia baru yang sama sekali belum dikenalnya tersebut?

 

Bisa jadi wanita-wanita seperti ini hanya akan menjadi “hiasan gambar” agar banyak yang memilih kerana mereka artis, atau bisa jadi hanya “boneka parti” yang terkait.

 

Padahal ada jutaan warga lain yang juga tak mengenal dunia baru (dunia politik -red) tersebut walau mungkin sangat mampu, namun mereka tak mau kerana sangat berat beban dan tanggungjawabnya yang perlu dipertanggungjawabkan  kelak dihadapan  Allah Ta’ala

Ini adalah artikel yang akan terus berkelanjutan, jika Anda menemui Calon Legislatif lain yang bermasalah, info-kan beserta data dan foto kepada kami melalui kotak kome dibawah halaman ini, kerana KPU sudah menegaskan: Kepada Warga Indonesia Harap Laporkan Caleg Bermasalah.

 

Terimakasih atas waktunya, mari bergandingan tangan bersama Variety Explorer.Com untuk Selamatkan Indonesia dari Badut-Badut Politik.

Bersambung

Pustaka ;

Dedikasi untuk; ICC.wordpress.com/pelbagai sumber

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s