TIPS; Manfaat Terung Balado Untuk Vitalitas Lelaki


Masakan Terung Balado

 

Written  by Wilhelmina

Isnin 16 Rabiulawal 1435 / 20 Januari 2014

TIPS; Manfaat Terung Balado Untuk Vitalitas Lelaki

Variety Explorer.Com | JIKA kita bepergian kebandar-bandar di Malaysia – untuk memilih makanan halal sudah bukan jadi masalah lagi, banyak kedai-restoran masakan melayu  yang menghidangkan pelbagai menu-resipi khas.


Namun semua itu tergantung citarasa lidah masing-masing,Tapi bagi saya agak terbawa tradisi keluarga yang amat meminati masakan Minangkabau direstoran-kedai masakan Padang.Justru jika Anda takut kolestrol ,masakan Minang di restoran Padangnya memang terkenal dengan masakan bersantannya.

Saya bukan mahu membahas masakan Minangkabau kali ini,cuma bila saya  singgah makan di restoran Nasi Padang sudah pasti tak lupa menjamah masakan khas minang turun-temurun yaitu ‘Terung Balado’.Maksudnya terung ungu panjang digoreng bersama cili merah ..ummph gerenti bertambah-tambah ‘nasi tambuahnya'(nasi tambahnya).
Untuk mensteril rasa pedas yang tinggal dilidah Anda ,jangan lupa order minuman Ais Vocadonya…beres,![1]

Bahan utama terung balado adalah terung ungu (eggplant) yang berasal dari Sumatra atau India.  Dulu saya sempat terpengaruh  mitos bahwa lelaki tak baik mengonsumsi terung, kerana  dapat menurunkan libido. Namun, kemudian saya baru tahu, faktanya terung justru punya manfaat untuk vitalitas lelaki. Hal tersebut dipercayai lelaki India yang paling suka  mengonsumsi terung agar memiliki vitalitas prima..

Terung mengandung mangan (manganese), mineral yang diperlukan untuk membantu membentuk jaringan tulang,  darah dan hormon seks, ungkap  pakar University of Maryland. Terung juga dianggap memiliki efek afrodisiak atau mampu meningkatkan gairah seks kerana  keberadaan senyawa saponin yang ternyata cukup banyak terkandung dalam terung. Senyawa saponin dipercaya berperanan  dalam proses pembentukan testosteron.[2]
Sejak membaca info tersebut, saya tak ragu lagi dengan manfaat terung. Lagipun, kalau memang membuat libido lemah,Terbukti ada lelaki yang hobi makan terung balado masih mampu punya anak hingga usianya hampir menginjak 50 tahun.


Manfaat Lainnya

Secara tradisional, tanaman terung digunakan sebagai obat untuk pengobatan gusi bengkak, peradangan pada mulut, wasir, ulcers pada hidung, retak tulang, memudahkan urine, dan demam.

 Sementara itu, kulit terung mengandung banyak flavonoid dan antioksidan, yang dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Terung juga mengandung senyawa terpene yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Sebuah studi menggunakan arnab percobaan menunjukkan bahwa pemberian jus terung mampu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah.

 Terung juga mengandung senyawa asam klorogenat (chlorogenic acid), yaitu salah satu jenis antioksidan, yang menurut beberapa hasil penelitian memiliki aktiviti antikanser, antimikroba, dan antivirus, serta memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Terung juga diketahui mengandung tripsin inhibitor, yang merupakan komponen yang diyakini untuk membantu menetralkan sel penyebab kanser. Nah, buat yang takut kuliner Minang direstoran Nasi Padang kerana katanya  banyak kolesterolnya, mendingan pilih saja kuliner terung balado ini. Rasanya lazat dan banyak manfaat bagi kesehatan.

Pustaka ;
[1] ibid,
[2] bennyrhamdani.com
pelbagai info.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s