Cara Kawal Depresi dan Cemas Hilang Tanpa Obat

Illustrasi

Editor by Wilhelmina

Isnin 16 Rabiulawal 1435 / 20 Januari 2014

 

Variety Explorer.Com | Cara Kawal Depresi dan Cemas Hilang Tanpa Obat, Kesannya mustahil tapi sedikit waktu dan fokus adalah hal yang diperlukan

Setiap orang pasti punya masalah dalam kehidupannya. Baik masalah kecil hingga besar lalu akhirnya timbul rasa cemas atau depresi-kemurungan. Hal itu tentu akan memengaruhi aktiviti  sehari-hari. Jika sudah begitu, solusi untuk mengawalnya sangatlah penting!

Fikiran memengaruhi suasana hati. Ya, itulah yang terjadi pada setiap manusia. Menurut Johns Hopkins University, melakukan meditasi 30 menit dalam sehari bisa menurunkan tingkat kecemasan dan depresi yang dialami sebanyak 38 peratus. Jumlah yang sama untuk anti-depresi.

Menurut peneliti, dengan meditasi (atau berdoa) selama lapan minggu, rasa panik, jantung berdebar-debar dan susah tidur yang dialami orang depresi bisa turun 30 hingga 38 peratus setelah melakukannya. Selain itu, peneliti juga mengatakan rasa sakit terkait sindrom iritasi usus bisa hilang 33 peratus  jika melakukan meditasi secara teratur.

Menurut Dr. Madhav Goyal , M.D., kecemasan dan depresi berakar pada fikiran. Untuk itu, lakukanlah meditasi secara teratur kerana itu bisa membantu Anda melatih otak untuk menghilangkan fikiran-fikiran negatif dan penyebab-penyebab depresi lainnya, kata Goyal.

Rumit Tapi Simpel

Dalam penelitiannya, Dr. Madhav Goyal juga mengutip filosofi yang menyebutkan bahwa “Kesadaran adalah cara paling efektif untuk menghilangkan stres”. Kedengarannya memang rumit, tapi jika dilakukan justru hal itu malah sebaliknya.

Jadi bagi Anda yang sering mengalami kecemasan atau kemurungan- depresi, mungkin cara di atas bisa jadi solusi untuk mengatasinya. Selamat mencoba!

Writer : Oberlin Domingo/popworld.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s