TIPS-Copywriting Kerjaya Skill Pemasaran Masa Depan

Image by lbev.files.wp.com

Written by Wilhelmina

Sabtu 15 Rabiulawal 1435 / 18 Januari 2014

Variety Explorer.Com | TIPS-Copywriting Kerjaya Skill Pemasaran Masa Depan |Artikel ini lanjutan dari tulisan saya bertajuk :

(https://helmysyamza.wordpress.com/2014/01/18/tips-copywriting-kerjaya-penulisan-pilihan-utama/)

Setelah Anda memahaminya,mari kita lanjutkan membaca dan pelajari TIPS-Copywriting Kerjaya Skill Pemasaran Masa Depan.

Copywriting memerlukan  sedikit kemahiran  ilmu sastra, psikologi, sosial, marketing, sains, dan  hipnotis.

  Aplikasi Copywriting bisa ditemukan dalam iklan di media cetak seperti billboard, brosur, katalog. Media-media lain  misalnya  Skrip-skrip di TV diadaptasi jadi iklan, lirik untuk jingle di radio, dan  media sosial internet

Mungkin kita agak susah mengesan seseorang itu kerjayanya sebagai Copywritter sebab skop kerjayanya hampir sama dengan Ghostwritter yaitu penulis bayaran yang tak menampilkan identity sebenar


Pada dasarnya memang para pakar meng-kompilasi ilmu ini atas dasar untuk menarik pelanggan. Seniman menjual kreativitinya, politikus menjual ideologinya.
Produk yang bisa kita jual tidak selalu harus berbentuk barang atau perkhidmatan.

Berikut ini   beberapa hal yang perlu Anda pelajari tentang  skill Copywriting:

1. Membuat Tulisan Yang scanable( imbas) bukan hanya readable (boleh dibaca).

Orang tidak membaca di internet, mereka akan men-scan singkat tulisan Anda untuk mencari apa yang menarik untuk mereka. Jika, Anda beruntung, mereka akan membaca tulisan Anda.

2. Membuat Headline Yang Menjual.

Di era serba cepat seperti sekarang, headline Anda akan menentukan apakah tulisan Anda akan berhasil atau tidak. Conten tanpa headline yang bagus akan sia-sia.

3. Membuat Conten Yang Bagus & Sesuai Untuk Website.

Setelah headline? tentulah conten-kandungannya harus bagus. Conten adalah intisari pemasaran di website  apapun medianya. Conten untuk website tentunya beda dengan conten media offline.

4.  Bagaimana Pembaca Anda Berfikir.

Anda harus memprediksi bagaimana kondisi pembaca Anda saat mereka membaca artikel Anda. Mereka sedang didepan laptop? menggunakan telepon selular? Bagaimana pola perilaku ini akan mempengaruhi conten Anda?

5. Mem-format Content Anda.

Bagaimana penempatan gambar? Bila harus pakai pagebreak? Haruskah membuat list? Dan kaedah-kaedah lain untuk membentuk format content yang bagus.

6. Membimbing Pembaca Untuk Bertindak.

Setelah membaca tulisan Anda, Anda ingin pembaca Anda melakukan apa? Membeli produk Anda? Mendaftar di website Anda? Menulis untuk Anda? Bagaimana tulisan Anda membimbing dan meng-hipnotis mereka?

Copywriting adalah ilmu yang terus berkembang, jadi begitu banyak yang dapat Anda pelajari dari sini.

Dengan semakin meningkatnya pengakses internet dari telepon selular mereka, maka internet secara majoriti akan (untuk sementara) kembali berbasis text. Hal ini ditambah lagi dengan Facebook yang mulai kehilangan penggunanya dan website  microblogging Tumblr yang mengejutkan dengan lonjakan yang luar biasa:
(http://www.tumblr.com/blog/helmysyamza)

Anda semakin kehilangan tempat untuk memaparkan foto, apa lagi video. Maka Anda harus menemukan bagaimana cara mengikat emosi pembaca Anda melalui text, tugas yang sebelumnya sangat terbantu oleh foto dan video.

Let’s Get Started

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Copywriting saya menyarankan Anda membaca beberapa buku dan blog berikut ini:

a)-Hypnotic Writing – Joe Vitale

Buku ini, sesuai judulnya sangat menghipnotis.

b)-Web Copy That Sells – Maria Veloso

Buku Copywriting ini juga bagus menurut  Fikry Fatullah’s Blog yang telah mempelajarinya ,sesuai untuk Anda yang akan mulai belajar Copywriting. Sayangnya tidak ada versi bahasa Melayunya  Baca contoh tulisan Maria Veloso di www.webcopythatsells.com

c)-Blog

 

Ini beberapa blog mengenai Copywriting:

 

www.copyblogger.com

 

http://world-copywriting-institute.typepad.com/world_copywriting_blog/

Pustaka :
Fikry Fatullah’s Blog/pelbagai sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s