Dasyhatnya Banjir Kilat di Manado


Sebuah kereta saling tindih menindih akibat terseret banjir di kawasan pejabat Datuk bandar Manado, Sulawesi Utara (16/1). Banjir kilat di Manado sedikitnya menewaskan 15 orang dan membuat ratusan kendaraan rosak berat.ANTARA/Fiqman Sunandar

Editor by Wilhelmina

Jum’at 14 Rabiulawal 1435 / 17 Januari 2014

Variety Explorer.com | Banjir kilat yang melanda ibu kota Sulawesi Utara, kota Manado dan sekitarnya, Rabu (15/01), akibat hujan deras yang mengguyur sejak Selasa malam hingga Rabu pagi.

Team SAR Manado mengatakan, banjir yang dilaporkan merendam ratusan rumah ini merupakan yang terbesar dalam dua atau tiga tahun terakhir.


Sebuah lory  boks masuk ke sungai setelah terseret banjir di depan pejabat Datuk Bandar  Manado, Sulawesi Utara (16/1). ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

Laporan rasmi menyatakan setidaknya empat orang meninggal dunia dan dikhawatirkan terus bertambah.

Sampai Rabu petang, upaya pemindahan terhadap korban masih sulit dilakukan, kerana banjir yang terjadi di berbagai wilayah kota itu, kata Ketua Team SAR Manado, Yanto Samijan.

“Kendalanya kerana memang di setiap tempat, air cukup dalam, sehingga tidak bisa (bergerak) dari sisi satu ke sisi lain untuk membantu,” kata Yanto Samijan, dalam wawancara dengan wartawan BBC  Heyder Affan, melalui talipon, Rabu (15/01) petang.

Sejumlah laporan menyebutkan setidaknya empat kecamatan di Kota Manado, yang paling parah mengalami banjir, dengan kedalaman maksimal antara dua dan empat meter.

Team SAR Manado sejauh ini belum bisa memastikan berapa jumlah korban yang meninggal dunia.

Namun dalam wawancara dengan sebuah televisyen swasta, Gubernur Sulawesi Utara S H Sarundajang mengatakan, setidaknya empat orang meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor di Manado.


Orang ramai mengamati sebuah kereta terbalik akibat terseret banjir di kawasan pejabat Datuk Bandar  Manado, Sulawesi Utara (16/1). ANTARA/Fiqman Sunanda


Sejumlah kenderaan melintas di depan pejabat Datuk bandar  yang penuh lumpur akibat terendam banjir di kantor Walikota Manado, Sulawesi Utara (16/1). ANTARA/Fiqman Sunandar

Sumber:
Berita ; bbc.co.uk
Imej foto ;tempo.co/beritafoto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s