Seperti Salji Jatuh Penjualan Ganja Dimulai di Denver

Elle Beau, karyawan The Clinic, sebuah klinik  di Denveroutlet menjual ganja

Editor by Wilhelmina

Juma’at 30 Safar 1435 / 03 January 2014


Variety Explorer.com–Colorado jadi negeri bagian kedua setelah Washington di Amerika Syarikat (AS) yang melegalkan ganja untuk penggunaan pribadi.


  Pembeli memadati meja kounter untuk membeli berbagai macam produk berbahan ganja yang dijual di toko penjulan ganja legal Medicine Man di Denver, Colorado (1/1/14). (AP Photo/Brennan Linsley)

 

Gobernur Colorado John Hickenlooper menandatangani UU yang melegalkan penggunaan ganja untuk tujuan pribadi. Serta menginzinkan tanaman ganja terbatas di rumah untuk orang dewasa berusia 21 tahun ke atas.

Negeri bagian ini mendukung Amandemen 64 sejak 6 November 2012 lalu, hari yang sama ketika Presiden Barack Obama terpilih lagi. “Pemilih lantang menyuarakan (UU itu) sejak Pilihanraya Presiden,” ujar Hickenlooper.

Meski begitu, Gobernur Colorado memperingatkan, perdagangan ganja masih pelanggaran hukum. Demikian pula konsumsi ganja di depan publik, apalagi jika membahayakan warga lainnya.


Orang ramai beratur panjang seawal pagi untuk membeli ganja     

 

Dijual Khusus Untuk Pengobatan

Seperti dilaporkan oleh KBR68H Washington, orang-orang yang antri untuk membeli ganja dengan rasmi di kota Denver, negeri bagian Colorado, mendapat hiburan muzik gratis, makan kue donat dan kue semprong, sambil menunggu toko-toko dibuka.

Toko-toko ganja di kota Denver itu adalah yang pertama yang diizinkan buka di Amerika untuk menjual ganja.

Setelah penjualan dimulai, para pembeli yang pertama berhasil mendapat bahan yang tadinya terlarang itu, keluar dari toko sambil membawa bungkusan tertutup dan menunjukkan resit pembelian, disambut tepuk tangan dan sorak gembira orang-orang yang antri beratur panjang.

“Saya akan memasang resit-pembelian ini dalam bingkai khusus dan menggantungnya di dinding, untuk mengingatkan saya tentang peristiwa penting ini, yaitu bahwa ganja nantinya bisa diperoleh dimana-mana,” kata pemuzik James Aaron Ramsey, yang pernah dihukum penjara kerana kedapatan memiliki ganja di kantongnya.

Aktivis pencabutan larangan ganja atau marijuana berharap eksperimen di Colorado itu akan terbukti lebih baik dari pada perang melawan narkotik yang mahal, yang dilancarkan pemerintah Amerika sejak tahun 1930-an.

Juga diharapkan negeri bagian akan mendapat penghasilan dari pajak penjualan ganja dan sekaligus mengurangi kos yang harus dikeluarkan untuk menangkap, menghukum dan memenjarakan para penjual dan pengguna ganja.

 

(jamaica-gleaner.com/ICC.wordpress.com).


                         Tyler, no last name given, inspects plants as they mature at the Medicine Man dispensary and grow operation in northeast Denver. – AP- photos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s