#TIPS:Tidur Singkat Tapi Sehat


Illustrasi

Editor by Wilhelmina

Selasa 27 Safar 1435 / 31 December 2013

Variety Explorer.com–Tubuh sehat itu berarti tidur cukup.

Merasa bersalah dengan jam tidur yang tak teratur di tahun lalu?
Waktu tidur yang dianggap baik adalah tujuh hingga lapan jam. Namun tahukah Anda jika waktu tak lagi jadi patokan selama kualiti  tidur baik. Tak peduli lama atau sebentar yang penting Anda bisa kembali segar keesokan harinya.

Bilik Tidur = Aktiviti  Seks dan Tidur

Menurut peneliti bilik tidur hanya punya dua fungsi di atas. Bila difungsikan lain otomatik akan mengurangi kualiti  tidur. Sebaiknya tidak menyatukan ruang tidur dengan ruang kerja.

Minim Perangkat Elektronik,

Singkirkan televisyen  dan radio. Perangkat elektronik yang terhubung elektrik memancarkan ion positif dan membuat syaraf tegang.

Pilih Interior,

Hindari ornamen ruang tidur dengan interior berwarna terang atau ramai. Untuk mengubah jam malam Anda coba gantungkan jam dinding berlawanan dengan arah pandang.

Hindari Cafein atau Zat Stimulan,

Cafein yang terdapat pada kopi atau teh  dan zat stimulan pada minuman ringan dan coklat terbukti bisa menyebabkan pola tidur terganggu.

Jauhi Rokok dan Minuman Beralkohol,

Rokok merupakan stimulan bagi pusat syaraf manusia yang membuat susah tidur, sementara minuman beralkohol mungkin saja membuat Anda cepat tidur tapi ini malah mengakibatkan kerap terbangun di malam hari.

Olahraga Teratur,

Hindari olahraga-sukan berat dekat dengan waktu tidur kerana peningkatan temperatur tubuh akan membuat Anda terus terjaga. Idealnya, olahraga dilakukan 4-6 jam sebelum pergi tidur. Supaya tetap sehat dan tidur nyenyak, gerakkan tubuh 20 menit sehari.

Mandi,

Tubuh yang bersih dan segar sehabis mandi biasanya lebih rileks untuk tidur berbanding  tubuh yang masih penuh peluh dan lengket.

Pencahayaan Minim,

Pencahayaan terang memicu otak untuk tetap aktif dan tidur menjadi kurang nyenyak. Sebaiknya Anda mematikan lampu, kerana otak lebih mudah mempersiapkan tubuh untuk tidur di ruangan gelap.

Jaga Makan,

Hindari juga makan besar dua jam sebelum waktu tidur tiba. Ini akan membuat perut tak enak saat berbaring akibatnya Anda pun susah terlelap.

Rileks,

Tenangkan pikiran dan mental Anda. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam. Bisa juga Anda mencoba pasang lilin aromaterapi yang yang membuat efek relaks.

(pop-world)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s