Kerja-Shift Malam Itu Boleh Bikin…..

Kerja di malam hari berarti mengurangi jam istirahat Anda!

Editor by Wilhelmina

Selasa 27 Safar 1435 / 31 December 2013

Variety Explorer.com–Perhatikan baik-baik kondisi tubuh jika kerap kerja malam!

Ya, ini berita buruk untuk mereka yang suka bekerja pada malam hari: berisiko terkena diabetes! Itu bukan fakta biasa, tapi hasil dari penelitian University of Pittsburgh.


Kerja malam itu bikin …

Yang bikin was-was, para pekerja malam sendiri tetap akan terancam meski mereka sudah kembali ke jadwal tidur normal di malam hari. Itu terjadi kerana ketika seseorang melawan jadwal istirahat di malam hari, berarti metabolisme tubuh mereka berubah total!

Setidaknya riset yang dilakukan para pakar  menghasilkan kesimpulan seperti itu. Jam biologis dan kurangnya jam tidur bisa menurunkan tingkat kerja metabolisme tubuh dan itu artinya jumlah konsentrasi gula darah jadi naik – itu artinya ‘menyiapkan’ munculnya gejala diabetes dan penyakit-penyakit lainnya. Demikian pencipta studi, Timothy Monk, Ph.D, seperti yang diberitakan  dari Men’s Health US.

Tidur 7-9 Jam

Jadi jelas, bekerja pada jam yang normal (dari pagi ke petang) adalah solusi untuk tetap menjaga kesehatan Anda. Memang tak berarti itu jadi pilihan, kerana bisa saja Anda mendapat pekerjaan dengan shift malam. Jika begitu adanya, satu-satunya jalan menyiasatinya adalah dengan tidur tujuh hingga sembilan jam sehari.

Tantangan lainnya saat shift malam adalah “ … pekerja di waktu malam sering susah mendapat makanan yang bergizi,” ujar Timothy. Alhasil, Anda harus rajin bawa makanan sendiri dari rumah, termasuk makanan  ringan. Silahkan isi bekal dengan buah anggur, kacang dan dark chocolate.

(orl jaf/pop-world)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s