Sering Rasa Cemas Penyebab Stroke


Ilustrasi cemas

Editor by Wilhelmina | Freelance Writer

Isnin-19 Safar 1435 / 23 Disember 2013

 

Variety Explorer.com—Merasa cemas adalah hal yang wajar dialami oleh manusia. Meski begitu, sering merasa cemas berlebihan juga tak baik. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Stroke mengungkap bahwa sering mengalami kecemasan bisa meningkatkan resiko stroke.

Semakin tinggi tingkat kecemasan yang dialami, maka semakin tinggi pula resiko stroke yang dihadapi. Penelitian ini merupakan yang pertama mengaitkan antara kecemasan dan stroke terlepas dari faktor lain seperti depresi. Penyakit yang berkaitan dengan kecemasan merupakan masalah mental yang serius. Beberapa gejalanya antara lain adalah sering merasa cemas, stres, gugup, dan berfikir berlebihan.

Peneliti mengamati 6.019 orang berusia 25 – 74 tahun selama 22 tahun. Mereka melakukan tes darah pada peserta dan mewawancarai mereka. Tak hanya itu, peneliti juga mengukur tingkat kecemasan dan kesehatan tubuh mereka secara keseluruhan. Hasilnya, mereka menemukan bahwa bahkan kecemasan yang sedang juga bisa mempengaruhi resiko terkena stroke.

Orang yang mengalami gejala-gejala kecemasan, terutama yang sangat tinggi, diketahui memiliki resiko terkena stroke 33 persen lebih tinggi dibandingkan orang yang jarang merasa cemas, seperti dilaporkan  oleh Science Daily (19/12).

“Setiap orang pasti pernah merasa cemas. Namun ketika kecemasan itu berlebihan dan terlalu tinggi hingga kronik, ini bisa mempengaruhi kesehatan kardiovaskular dalam jangka panjang,” ungkap Maya Lambiase, peneliti dari Pittsburgh School of Medicine di Pittsburgh.

Selain itu, orang yang memiliki tingkat kecemasan tinggi biasanya lebih mudah memiliki kebiasaan tak sehat seperti merokok, tak bersukan  dan lainnya yang berkaitan dengan stroke. Faktor lain yang bisa mempengaruhi adalah hormon stres, detak jantung, dan tekanan darah.(merdeka.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s