Berjalan 4000 Langkah Sehari,Tangkal Stroke!

Editor by Wilhelmina | Freelance Writer

Isnin-19 Safar 1435 / 23 Disember 2013

 

Variety Explorer.com—Berjalan 2.000 langkah sehari selama setahun bisa membuat tubuh sehat-bugar. Namun baru-baru ini peneliti mengungkap bahwa berjalan 2000 langkah lebih banyak memiliki efek yang lebih luar biasa untuk tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Leicester University mengungkap bahwa berjalan 4.000 langkah setiap hari bisa menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung atau stroke hingga 16 – 20 peratus. Empat ribu langkah sehari sama dengan berjalan selama 40 minit sehari.

Dr Thomas Yates, ketua peneliti dari Diabetes Reseacrh bahkan menyamakan bentuk  olahraga  tersebut dengan mengonsumsi statin.Dr Thomas Yates bahkan menjelaskan bahwa efek berjalan lebih besar dari obat statin. Berjalan 4.000 langkah sehari juga bisa menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung, seperti dilaporkan  oleh Daily Mail (20/12).

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati 9306 orang dewasa di 40 negara yang memiliki masalah toleransi gula (IGT) yang bisa menyebabkan diabetes atau penyakit jantung. Menggunakan alat pedometer, mereka menghitung langkah dalam aktiviti berjalan mereka selama satu tahun.

Peneliti menemukan bahwa orang yang lebih banyak berjalan memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih kecil. Peneliti juga menemukan bahwa setiap tambahan 2.000 langkah sehari yang setara dengan 20 menit berjalan bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke hingga enam sampai lapan peratus.

Peneliti bahkan telah menghitung faktor resiko lain seperti kebiasaan merokok, gaya hidup, berat badan, dan lainnya. Jika 2.000 atau 4.000 langkah tampak terlalu sulit, Anda bisa lakukan berjalan singkat beberapa kali. Misalkan seperti berjalan untuk makan siang di tempat kerja, atau berbelanja di kedai dekat rumah, dan sebagainya.
(merdeka,com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s