Gerombolan Ekstremis Rakhine Hancurkan Masjid di Kyauk Phyu Arakan-Myanmar


Dalai Lama yg hipokrit tak pernah bersuara ttg ‘genocide’ di Myanmar

Written by Wilhelmina

Variety Explorer.com– TRAGEDI makar dan ‘genocide’ oleh gerombolan ekstremis Buddhist Rakhine terhadap etnik Rohingya di Myanmar sudah diluar batas agama dan kemanusiaan.

Masjid Kyauk Phyu Myanmar

Bermula dengan kecemburuan ekonomi para etnik  Rakhine penganut Budhist  terhadap etnik Rohingya Muslim dan etnik Muslim Burma lainnya.
Akhirnya mereka melakukan ‘makar’ pembakaran rumah-rumah dan toko-kedai kepunyaan etnik Rohingya Muslim.

Tidak cukup dengan itu ‘mereka’ lalu membunuh secara kejam para etnik Rohingya tidak kira tua-muda-kanak-kanak ,bahkan mereka juga merogol wanita-wanita serta anak gadis etnik Rohingya tersebut

Sejak berdekad etnik Muslim Rohingya bergiat cergas dibidang ekonomi seperti berniaga barangan runcit-makanan ,kedai emas,kedai pakaian serta menceburi bidang kontrak pembangunan.Akhirnya kehidupan mereka sangat ‘mencolok mata’ dengan kekayaan sementara etnik Rakhine yang pada umumnya digalakkan jadi sami -menjadikan ‘mereka’ miskin dan jadi peminta-minta sedekah saja.
Sebenarnya sebagian para etnik Rohingya yang kaya-raya sudah menyadari akan tercetusnya
 ‘genocide’ ini kerana hal sudah bermula lagi dibawah zaman diktator militer Burma ,cuma kurang terdedah seperti kini ,kerana pemerintah Diktator Militer sebelum ini menutup pintu kepada dunia/ negara luar.

Itulah sebabnya para etnik Rohingya yang punya kekayaan sudah bermula pindah sejak zaman rejim diktator militer lagi ke negara-negara Arab dan Malaysia.Dan diranah perantauan inipun etnik Rohingya menceburi bidang perniagaan[1]

                          Katua Sami Budhist Dalai Lama boleh tertawa-tawa sementara anak-buahnya membantai etnik Rohingya Myanmar

TERKINI  gerombolan ekstremis Buddhist Rakhine kembali menyerang masjid di negara bagian Arakan, Myanmar (Burma). Serangan tersebut terjadi pada Isnin (18/11/2013) pukul sekitar 20:00 waktu setempat sebagaimana diberitakan  Rohingya Bloggger News (RB News), media lokal yang fokus menyoroti terkait Muslim Myanmar khususnya etnik Rohingya.

RB News melaporkan bahwa gerombolan orang-orang Rakhine menghancurkan sebuah masjid yang terletak di jalan Strand, kota Kyauk Phyu, Arakan. Para ekstremis itu mengatakan bahwa alasan mereka menyerang masjid tersebut adalah kerana mereka merasa tidak selesa/suka atas kunjungan delegasi Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang dipimpin oleh sekretaris jendralnya, Prof. Emekleddin Ihsanoglu.

Gerombolan penyerang itu diperkirakan berjumlah 600 orang, mereka berasal dari daerah-daerah pedusunan yang datang beberapa hari sebelumnya untuk memprotes kedatangan OKI di Kyauk Phyu.

Berdasarkan kesaksian warga Buddhis setempat kepada RB News, menara masjid tersebut benar-benar hancur sejak awal penyerangan dan 75% bangunan masjid hancur pada pukul 22.45 waktu setempat. Selain itu, sebuah sekolah Islam (madrasah) yang berada di depan masjid tersebut juga dihancurkan.

Tak puas menghancurkan dalam masjid, mereka juga menghancurkan dinding-dinding di luar masjid.

Pihak berkuasa  keamanan yang ada di tempat saat serangan terjadi, yang seharusnya bertugas mengamankan, tetapi tidak berusaha menghentikan tindakan anarkis tersebut dan membiarkan mereka menghancurkan masjid.

Pada Oktober tahun lalu, Umat Muslim di Kyauk Phyu terpaksa meninggalkan kota kerana rumah mereka hancur akibat serangan para teroris Rakhine. Mereka semua terpaksa tinggal di camp-camp pengungsian, dan masjid itu adalah salah satu di antara tujuh masjid yang masih dalam keadaan baik ketika itu[2]

Referensi penulisan;

[1] ibid
[2] arrahmah/news

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s