Dari Masjid ke Masjid, Team “World for You” Sebarkan Pesan Damai


Masjid Shah Alam, titik awal keberangkatan Team “world for You” ke Pattani.

Editor by Wilhelmina

Variety Explorer.com–Konvoi team kemanusiaan “World for You” yang bergerak dari Kuala Lumpur akhirnya tiba di Pattani. Sejumlah aktivis kemanusiaan dari Turki, Thailand, Malaysia dan Indonesia yang mengikuti kempen  perdamaian ini tiba di Provinsi Yala, Thailand Selatan, pada Ahad siang, 17 November 2013.

Konvoi yang diikuti oleh 7 buah kendaraan minivan ini, berangkat sejak Sabtu kemaren. Titik start konvoi tersebut adalah Masjid Shah Alam, Selangor. Dalam perjalanannya, team “World for You” ini singgah di beberapa masjid untuk istirahat sekaligus silaturahmi dengan penduduk tempatan.

 

Saat bersilaturahmi dengan masyarakat setempat, kesempatan itu juga dijadikan acara  penyebaran pesan pentingnya kesadaran umat Islam dalam menyikapi persoalan yang terjadi di wilayah konflik seperti Syria, Mesir, Arakan dan Pattani.

Singgah dari masjid ke masjid

 

Dalam perjalanan konvoi yang merupakan rangkaian perjalanan “Road4Peace” yang ketiga ini, setidaknya ada 3 buah masjid yang disinggahi oleh para aktivis. Masjid yang pertama disinggahi adalah Masjid Al-Ahmadiyah di Kampung Changkat, Lahat, Negeri Perak. Di situ, tim disambut oleh segenap tokoh dan pengurus masjid yang sangat antusias mendukung ‘semangat jihad’ para peserta Road4Peace.

 

“Saya sangat berbangga dengan gerakan -anak-anak muda yang begitu bersemangat. Majulah, dan teruslah begerak. Apa yang kalian lakukan ini bagian dari jihad fi sabilillah,” ujar Haji Mohd. Mostar, Imam Masjid Al-Ahmadiyah.

 

Sambutan yang hangat telah dipersiapkan oleh penduduk  setempat, setelah berbincang-bincang sejenak, mereka menyilakan para aktivis dengan jamuan makan siang yang lazat.

 

Setelah lepas dari Perak, team Road4Peace berabgkat  ke arah Pulau Pinang. Di wilayah tersebut, team disambut di sebuah masjid bernama Mesjid Sembilang. Reporter Kiblatnet, yang sebelumnya juga pernah  mengikuti perjalanan ke Pattani yang pertama, merasakan memori yang indah di masjid ini. Sebab, di masjid inilah misi Road4Peace sebelumnya disambut oleh Mantan Timbalan  PM Malaysia,DS Anwar Ibrahim.

 

Dari Pulau Pinang, rombongan konvoi terus bergerak ke arah utara. Hari mulai petang, langit semakin gelap. Team Road4Peace keluar dari Highway Road , berbelok tajam masuk ke jalanan perkampungan. Hal inilah yang membuat perjalanan semakin menarik, kejenuhan perjalanan terusir seketika setelah team disuguhi oleh pemandangan desa yang hijau oleh rimbunan pohon, rumah panggung khas adat Melayu dan khazanah lokal yang menyegarkan mata. Di sudut desa itu ada sebuah masjid sederhana, rombongan aktivis kemanusiaan memutuskan rehat sejenak di sana.

 

Masjid itu bernama Masjid Nur Salam, terletak di Kampung Kubang Jelai, Pendang, Kedah. Saat kami datang di masjid itu, ramai orang sedang membaca wirid, semacam ratiban, kalau di Indonesia. Dipimpin oleh seorang Tok Guru  berjubah putih dan berserban, jamaah masjid tersebut melafazkan bacaan-bacaan zikir. Rupanya, masjid tersebut adalah masjid milik Thariqat Naqsabandiyah. Kelompok yang juga dijumpai di Indonesia.

 

Mereka memberikan kesempatan kepada team untuk berbagi cerita. Mustapa Mansor, selaku ketua rombongan-lah yang menyampaikan pesan-pesan kesadaran saling berbagi kepada para hadirin. Team Road4Peace mendapat sambutan yang cukup istimewa. Mereka disuguhi nasi kebuli yang disajikan dalam dulang. Sehingga, para peserta dan jamaah masjid pun makan bersama-sama. Saat makan, sebagian penduduk menyanyikan nasyid dan shalawat sebagai tanda penyambutan mereka atas team Road4Peace.

Seperti misi ke Pattani sebelumnya, Masjid selalu menjadi tempat persinggahan yang istimewa bagi tim Road4Peace.
[kiblat.net/sdqfajar]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s