Aplikasi Yang Aman Dari Penggodaman NSA (1)

Mozilla Firefox

Editor by Wilhelmina

Variety Explorer.com–Badan Keamanan Nasional AS (NSA) dilaporkan telah menyadap atau menggodam  berbagai jenis komunikasi kabel dan Internet warga AS melalui program PRISM.

Terkuaknya penyadapan/tapping  itu pertama kali disampaikan oleh mantan kontraktor NSA, Edward J Snowden, pada awal Juni 2013 lalu.

Snowden membuka aib praktek badan pemerintahan AS itu dari Hong Kong. Kemudian ia lari mencari suaka sementara di Rusia setelah telantar beberapa minggu di airport  negeri Beruang Merah itu. Snowden sempat dilabeli fugitive/penjenayah  yang paling dicari pemerintah AS saat itu.

Program rahasia ini diketahui menggodam  server berbagai perusahaan teknologi terkemuka, misalnya Google, Apple, Yahoo, Facebook sampai Microsoft. Konsekuensinya, semua produk dari perusahaan itu bisa disadap NSA. Meski beberapa perusahaan itu menolak memberikan akses langsung ke NSA.

Nah, untuk menghindari penggodaman itu, tentu direkomendasikan agar tak menggunakan produk maupun layanan perusahaan itu.

Namun, dilaporkan  dari prism-break.org, Isnin 4 November 2013, ada beberapa aplikasi alternatif di luar portofolio perusahaan teknologi itu agar pengguna merasa aman dari penggodaman dan pengawasan.

Berikut beberapa aplikasi itu:

Kategori sistem operasi PC

Debian

Sistem operasi ini dikenal sebagai sistem operasi platform terbuka. Untuk menggunakannya, pengguna (kontributor) harus menyetujui perjanjian sosial dan terikat dengan aturan. Fitur Strict mencantumkan panduan untuk memastikan hanya peranti lunak terbuka yang tersertifikasi yang bisa mendapatkan paket penyimpanan.

Gentoo

Sistem operasi ini mengklaim sebagai distribusi meta. Sistem operasi terbuka ini mengumpulkan aplikasi biner pada mesin pengguna, yang memungkinkan pengusutan/investigation secara lengkap program logika.

Linux Mint Debian Edition (LMDE)


Dianggap platform yang paling mudah untuk keperluan distribusi bagi pengguna yang ingin bermigrasi dari Microsoft Windows. Namun, LMDE ini tak mendukung enkripsi disk.

Fedora dan OpenSUSE


Platform edisi komuniti ini berfungsi sebagai dasar yang relatif stabil bagi perusahaan yang siap mendistribusikan Linux dengan dukungan komersil. Perusahaan di seluruh dunia telah mempercayai RedHat Inc. dan SUSE Linux GmbH kerana keterbukaan keduanya selama proses pengembangan.

Selain itu, ada juga program platform OpenBSD, sistem operasi yang diklaim menawarkan keamanan.

Kategori Browser:

Tor Browser Bundle (TBB)

Browser ini menawarkan anonimitas yang lebih baik dari browser lain kerana sudah difasilitasi dengan enkripsi oleh jaringan Tor. Pengguna diminta hati-hati dan seksama saat memasukkan website pada browser ini. Untuk browser alternatif Android, pengguna bisa mencoba Orbot, browser Tor untuk Android.

JonDonym

Browser privat ini dilengkapi dengan fasilitas layanan anonim oleh JonDo IP dan JonDoFox profile untuk Firefox.

Mozilla Firefox

Jika tak merasa nyaman dengan TBB, Anda bisa mencoba Firefox dengan disarankan mengganti browser dengan alternatif privasi. Alternatif lain dari Firefox bisa menggunakan Iceweasel, browser berbasis distribusi Debian.

Onion Browser

Browser ini melayani surfing web-site melalui jaringan Tor yang bekerja pada perangkat/devices iOS.

Bersambung …

Sumber :Agensi/Viva

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s