60Juta Talipon Sepanyol Di Godam NSA.


Duta Besar AS untuk Sepanyol James Costos

Editor by Wilhelmina

Variety Explorer.com–Badan Inteligent Keamanan Nasional Amerika Syarikat (NSA) melakukan pengawasan terhadap 60 juta panggilan talipon di Sepanyol dalam satu bulan, demikian laporan  media setempat.

Laporan di media itu mengatakan dugaan ini terkuak dari dokumen yang diberikan oleh pembocor rahasia intelijen AS Edward Snowden. Mereka mengatakan NSA mengumpulkan nombor talipon serta lokasi penelpon dan penerima talipon, tetapi tidak mencatat isi pembicaraan talipon.

“White House”  sejauh ini menolak untuk komen tentang klaim yang dipublikasikan oleh surat kabar El Paisand El Mundo ini.

Dalam artikelnya mereka mengatakan NSA mencatat jutaan panggilan talipon, sms, dan surat elektronik(email) dari warga Sepanyol antara 10 December 2012 hingga 8 Januari tahun ini.

Duta besar AS di Madrid telah dipanggil untuk bertemu dengan kementerian luar negeri Sepanyol untuk mendiskusikan tuduhan terbaru tentang penggodaman  AS kepada warga dan politisi Sepanyol.

Skala besar

Laporan ini muncul setelah media Germany  memberitakan bahwa AS menggodam  handphone Kanselir Angela Merkel selama lebih dari satu dekade – dan pengawasan itu baru berhenti sejak beberapa bulan lalu.

Surat kabar England Guardian melaporkan bahwa NSA telah melakukan pengawasan kepada 35 pemimpin negara. Lagi, Snowden adalah sumber laporan tersebut.

Delegasi parlemen Eropah Claude Moraes, mengatakan kepada BBC bahwa skala pengawasan yang dilakukan oleh NSA mengkhawatirkan.

“Berita yang mengatakan bahwa 35 pimpinan digodam taliponnya bukanlah isu yang terpenting,” katanya.

“Yang paling inti adalah berita El Mundo, bahwa jutaan warga di sejumlah negara digodam talipon rumah dan handsetnya. Jadi ini adalah tentang pengawasan massal. Ini tentang skala dan proporsionalitas”

Dia mengatakan prioriti bagi Eropah adalah untuk mendiskusikan dampak dari penggodaman AS atas warga Kesatuan Eropah terhadap hak dasar warga untuk mendapatkan privasi.

Para pimpinan Kesatuan Eropah mengatakan ketidakpercayaan AS yang ditunjukan melalui aksi ini akan dapat membahayakan upaya melawan terorisme.

Sepanyol tuntut Amerika dedahkan skala penggodaman

Sepanyol meminta Amerika Serikat mengungkap skala penuh dugaan operasi mata-mata yang dilakukan oleh Badan Keamanan Nasional Amerika Syarikat, NSA.

Permintaan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Sepanyol untuk Kesatuan Eropah, Inigo Mendez de Vigo, dalam pertemuan dengan Duta Besar Amerika Syarikat untuk Sepanyol, James Costos, di Madrid pada Isnin (28/10/13).

Inigo Mendez de Vigo mengatakan praktek seperti itu, bila benar, “tidak pantas dan tidak dapat diterima”.

Oleh kerana itu pemerintah Sepanyol meminta Amerika Syarikat menyediakan data dari NSA terkait dugaan penggodaman.

“Seperti pada kesempatan-kesempatan sebelumnya, kita meminta Duta Besar Amerika Syarikat untuk memberikan semua informasi yang diperlukan kepada pemerintah mengenai masalah ini,” pernyataan Kementerian Luar Negeri.

Lebih lanjut Kementerian Luar Negeri Sepanyol mengatakan bila mengenai dugaan itu benar maka hal tersebut dapat merosak iklim kepercayaan yang selama ini terjaga antara kedua negara.

“Seperti pada kesempatan-kesempatan sebelumnya, kita meminta duta besar Amerika Syarikat untuk memberikan semua informasi yang diperlukan kepada pemerintah mengenai masalah ini.” Kementerian Luar Negeri Sepanyol.

Dokumen Edward  Snowden

Duta Besar AS untuk Sepanyol James Costos mengatakan pihaknya akan terus menggunakan jalur diplomatik untuk menjawab kekhawatiran sekutu-sekutu, termasuk Sepanyol.

Pemanggilan duta besar Amerika dilakukan setelah muncul laporan-laporan di media Sepanyol bahwa Badan Keamanan Nasional Amerika Syarikat memantau 60 juta panggilan talipon selama satu periode satu bulan saja.

Laporan menyebutkan rincian dugaan penggodaman yang dilakukan December lalu itu bersumber pada dokumen-dokumen yang disediakan oleh analis intelijen Amerika, Edward Snowden.

Media Sepanyol mengatakan informasi yang dipegang NSA meliputi nombor dan lokasi penelepon serta penerima talipon, padahal hal itu melanggar undang-undang Sepanyol. Selain itu NSA juga diduga mencatat durasi dan waktu panggilan talipon.

Negara=negara yang  telah terbukti digodam.hacked  oleh Badan Inteligent Amerika ,NASA adalah :Bolivia/ Indonesia/ Meksiko/ Brazil/ Perancis/ Germany/ Vatikan/ Venezuela/ Japan,

SUMBER : Guardian/El Mundo/bbc.co.uk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s