Edward Snowden Dedahkan Cara U.S. Intelligence Temukan Usamah bin Laden


Syaikh Usamah bin Laden, (The Washington Post)

Editor: Wilhelmina

Variety Explorer.com–Washington – Edward Snowden, pembocor kabel diplomatik AS telah merilis- released dokumen rahasia intelijen AS yang mengungkapkan bahwa komando penyerbuan atas pimpinan Al-Qaidah, Syaikh Usamah bin Ladin dipandu dari ruang angkasa oleh armada satelit.

Satelit itu ditujukan pada puluhan receiver di Pakistan untuk mengumpulkan pecahan data elektronik dan signal intelijen selama misi berlangsung, lapor The Washington Post pada 29 Ogos 2013.

Rincian rahasia itu juga mengungkap tentang perburuan dan penyerangan Syaikh Usamah bin Ladin yang termasuk dalam dokumen rahasia yang diberikan oleh Edward Snowden kepada The Washington Post.

Dokumen-dokumen rahasia tersebut juga menguak Black Budget (anggaran hitam) fiskal 2013 pada badan intelijen AS seperti NSA dan CIA . “Anggaran Hitam” adalah bagian rahasia dari anggaran federal yang didedikasikan untuk pengumpulan intelijen dan analisis.

Menurut “anggaran hitam” yang diterbitkan oleh The Washington Post, CIA menerima $ 14,7 billion,, NSA $ 10,8 billion,, dan Kantor Pengintaian Nasional $ 10,3  billion,.

Hal ini memberikan gambaran bahwa komuniti intelijen AS telah menyuntik secara berulang dengan sumber daya yang besar setelah terjadinya serangan tahun 2001 . Amerika Syarikat telah menghabiskan lebih dari $ 500  billion,kepada intelijen selama periode itu, sebuah pengeluaran yang diklaim oleh para pejabat AS “telah berhasil dalam tujuan utamanya”, yaitu mencegah bencana serangan teroris lain di Amerika Serikat.

Sebelum merilis dan mempublikasikan informasi apapun kepada media, The Washington Post telah melakukan konfirmasi kepada pejabat pemerintah bahwa informasi tersebut tidak akan membahayakan keamanan nasional Amerika.

Dokumen-dokumen rahasia yang diberikan kepada The Washington Post oleh mantan kontraktor NSA Edward Snowden dibuat hanya sebatas referensi singkat atas penangkapan Syaikh bin Laden, kerana banyak dari kejadian tersebut sudah dijelaskan dalam video serangan yang dirilis pada tahun 2011
.

Edward Snowden kini dikabarkan telah berada di Rusia sejak 23 Jun.

AS kerahkan semua usaha buru Syaikh Usamah Bin Laden

 

Dalam rangka perburuan dan keberhasilan melakukan serangan orang nomor 1 Al-Qaidah itu, pemerintah AS dengan sungguh-sungguh mempekerjakan hampir setiap alat pengawasan yang mereka miliki untuk menemukan bin Laden .

Sejak tragedi Black September 9/11, Syaikh bin Laden sanggup untuk menghilangkan jejak pencarian yang dilakukan kepadanya dengan menghindari segala jenis surat elektronik. “Dia konsisten menghindari penggunaan talipon dan e-mail, serta hanya mengandalkan komunikasi tatap muka dengan kurir dan perantara yang terbatas,” tulis laporan itu.

Namun, laporan itu mengklaim bahwa, Syaikh Usamah bin Ladin tidak mampu menghindari pendeteksian dari ruang angkasa dan pesawat siluman tak ber-awak yang dikenal canggih, RQ – 170. Pesawat jenis drone ini terbang di atas langit Pakistan untuk menguping transmisi elektronik. Turut memainkan peran dalam mencari bin Laden adalah sebuah lengan NSA yang dikenal sebagai grup ” Operasi Akses Berkesesuaian”. Di antara fungsinya, kelompok spesialisasi ini secara diam-diam menginstal spyware dan perangkat pelacakan pada komputer target dan jaringan handphone.”

Selain diburu dari ruang angkasa dan melalui internet, CIA merekrut seorang doktor Pakistan dan petugas kesehatan publik yang mencoba untuk mendapatkan sampel darah dari orang yang tinggal di kompleks Abbottabad sebagai bagian dari program vaksinasi.

Sebelum penyerangan atas Syaikh Usamah dilancarkan, satelit di atas langit Pakistan dikumpulkan setiap intelijen elektronik dan signal. Meskipun antara operator Al – Qaidah sangat menjaga jalur komunikasinya, NSA mampu menembus panggilan handphone. Salah satu handphone yang disiapkan CIA disusupkan di lokasi geografis dari kawasan tertutup di Abbottabad, Pakistan, tempat di mana bin Laden bersembunyi.

Menurut dokumen tersebut, lapan jam setelah serangan di Abbotatabad, sebuah laboratorium forensik intelijen yang dijalankan oleh Badan Intelijen Pertahanan di Afghanistan telah menganalisis DNA dari jenazah Syaikh Usamah bin Laden dan ‘memberikan pencocokan konklusif ‘ untuk mengkonfirmasi identitinya.

Serangan atas pucuk pimpinan Al-Qaidah tersebut disebut sebagai contoh kerjasama kontra-terorisme secara terpadu antara badan-badan intelijen pemerintah AS.

Sumber: Fajar Shadiq/Media Islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s