” Bunda Putri “; Wanita Misterius Kes Rasuah Kouta Import Daging


Potrait : Bunda Putri

Editor by Wilhelmina.

Variety Explorer.com–Indonesia kini makin ‘Aneh & Mistery…Sehingga soal suap-menyuap atau korupsi -ada pula sosok wanita mistery yang muncul -dan kini sudah agak terungkap indentitynya  ,walau belum jelas apa peranannya dalam kes rasuah melibatkan sebuah parti bernuansa Islam yaitu Parti Keadilan Sejahtera (PKS)


Nama Bunda Putri pertama kali muncul  dalam persidangan kes suap/rasuah kouta  impot daging lembu  dengan terdakwa mantan Presiden Parti Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq, 30 Agustus 2013. Ketika itu, Jaksa Penuntut Umum KPK(Komite Pemberantasan Korupsi)  memutar rakaman penyadapan (tapping) atas Luthfi Hasan dan Ridwan Hakim – anak Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin. Suara Bunda Putri ikut tersadap saat di tengah percakapan, Ridwan memberikan talipon kepada Bunda Putri.

Dalam rakaman itu, Luthfi Hasan kepada Ridwan Hakim menyebut Bunda Putri sebagai orang yang bisa mengkondisikan para pengambil keputusan. Luthfi pun menyebut pekerjaan Bunda Putri lebih berat dari menteri. Tak pasti, sang Bunda terkesan punya pengaruh besar di pemerintahan.

Ridwan Hakim yang hadir sebagai saksi dalam persidangan itu tak mau membuka identiti Bunda Putri. Ia hanya menyebut Bunda sebagai pengusaha dan mentor bisnisnya yang punya perkebunan pinang di Kalimantan. Majelis Hakim amat tak puas dengan jawaban Ridwan.

Dalam persidangan berikutnya, 10 Oktober 2013, Luthfi Hasanlah yang didesak Hakim soal Bunda Putri. Luthfi mengaku menemui Bunda Putri di rumahnya di Pondok Indah Jakarta Selatan setelah penangkapan Ahmad Fathanah oleh penyiasat  KPK.

Luthfi datang ke kediaman Bunda Putri untuk bertanya soal reshuffle anggota kabinet. Luthfi khawatir Menteri Pertanian Suswono yang berasal dari partinya, akan terkena reshuffle kerana heboh dikait-kaitkan dengan kes impor daging lembu. “Saya katakan kes ini alasan bisnis ke bisnis, tak ada hubungannya dengan Menteri Suswono. Saya hanya verifikasi soal reshuffle,” kata Luthfi Hasan.

Sungguh jawaban yang mengherankan. Memangnya siapa Bunda Putri sampai Luthfi Hasan bertanya soal reshuffle kepadanya? “Bunda Putri orang yang sangat dekat dengan Presiden SBY. Dia sangat tahu dengan kebijakan-kebijakan reshuffle. Dia sering membawa informasi akurat tentang kebijakan Presiden,” kata Luthfi lagi.

Jawaban Luthfi tentu menggemparkan. Namun Luthfi tak mau mengungkapkan secara jelas  jati diri Bunda Putri. “Secara detail saya baru ketemu 3-4 kali dengan Bunda Putri. Saya tidak tahu nama aslinya, saya sumpah. Saya dikenalkan Ketua Majelis Syuro PKS. Saya menghormati orang yang saya percaya yang mengenalkan saya dengan Bunda Putri. Jadi saya tidak memverifikasi siapa dia,” kata Luthfi.

Hakim sampai kesal mendengar jawaban Luthfi. “Dangkal sekali pemikiran Anda soal itu. Jawaban Anda tidak rasional. Saya fikir saya berhadapan dengan mantan presiden parti yang dihormati dan terpelajar. Jadi saya berharap Anda menjawab rasional dengan lebih jauh soal Bunda Putri,” kata Hakim.

Tapi Luthfi bersikeras  dengan jawabannya. “Itu tradisi saya, menghormati apa yang dilakukan orang yang sudah saya percaya,” ucap Luthfi.

Malam hari usai persidangan Luthfi, Presiden SBY langsung menggelar konferensi pers. Ia berang namanya dikait-kaitkan dengan Bunda Putri. SBY membantah tegas semua ucapan Luthfi. “Apa hubungannya Bunda Putri dengan reshuffle kabinet?

Sebut Bunda Putri orang yang sangat dekat dengan Presiden, 1.000 persen Luthfi bohong. Sebut Bunda Putri sangat tahu dengan kebijakan reshuffle, 2.000 persen Luthfi bohong. Saya tidak tahu, tidak kenal, dan tidak kaitan dengan Bunda Putri,” kata SBY.

Sumber : Media online Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s