Calvin Thoo Desainer Malaysia Terinspirasi Hijab Indonesia

Hijab ala Indonesia jadi  insipirasi  para desainer busana  muslimah dunia

Editor by Wilhelmina

 Perseteruan pelbagai budaya antara Malaysia-Indonesia  dan saling klaim tuduh-menuduh adakalanya membuat  kedua negara tidak pernah benar-benar kembali sepakat. Namun, para pelaku mode di kedua negara tidak bersikap demikian. Terbukti, Islamic Fashion Festival 2013 yang diselenggarakan Malaysia di Palembang Sumatra Selatan  beberapa hari lalu, berjalan lancar dan hangat.

      Calvin Thoo

 

Tanpa segan, perancang busana Malaysia mengaku mengagumi kreasi para desainer Indonesia, bahkan kerap terinspirasi akan inovasi dan kreativiti perancang lokal dalam mengeksplorasi busana Muslim, terutama hijab.

 

Hal ini disampaikan oleh seorang desainer Malaysia, Calvin Thoo, yang mengatakan bahwa perkembangan busana Muslim di Indonesia terbilang pesat dan meningkat jauh dibandingkan di Malaysia.

“Ini bukan basa-basi secara  pribadi saya banyak belajar dari inovasi penggunaan hijab wanita Indonesia yang makin bervariasi. Itu menginspirasi saya untuk mengeksplorasi gaya-gaya berhijab,” ungkapnya kepada KompasFemale saat bertemu di acara Islamic Fashion Festival (IFF) yang berlangsung di Novotel Hotel, Palembang, Ahad (8/9/2013) lalu.

 

Diakuinya, kaum wanita Muslimah  di Indonesia sangat kreatif dalam mengenakan hijab. Berbagai jenis gaya diciptakan. Orang lain yang melihatnya pun jadi tidak bosan. “Untuk koleksi busana Muslim saya sekarang, inspirasi pemakaian hijabnya juga diperoleh dari para wanita berhijab di Indonesia,” lanjut Thoo.

 

Oleh kerana itu, meski Indonesia dan Malaysia dianggap negara serumpun, perkembangan hijab di Indonesia lebih pesat dibandingkan di Malaysia. Hal ini juga diakui oleh perancang dari negara-negara lain, seperti England, Dubai, Kuwait, dan Amerika.

 

“Wanita Muslimah  di Indonesia sangat pandai memakai hijab yang modis dan moden. Saya pun selalu mengikuti perkembangannya dan mengaplikasikannya pada diri saya sendiri,” ujar Ascia AKF, fashion blogger asal Kuwait yang pernah berkunjung ke Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s