Tragedi MAS-MH370;Hilangnya Malaysia Airlines Mirip dengan Kecelakaan Adam Air?


Pesawat Malaysia Airlines mendarat di Airport Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Ahad(26/5/2013)Image by TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

Ahad 7 Jamadilawal 1435 / 9 Mac 2014

FortunaMedia.com |Tragedi MAS MH370;Hilangnya Malaysia Airlines Mirip dengan Kecelakaan Adam Air?

Pesawat Malaysia Airlines dengan nombor penerbangan MH370 hilang kontak sejak Sabtu (8/3/2014) pukul 02.40 waktu setempat. Hilang kontak terjadi kurang lebih 2 jam setelah pesawat dengan route Kuala Lumpur – Beijing itu lepas landas pada pukul 00.41 dini hari.



Tragedi hilangnya MH370 dinilai janggal. oleh beberapa lembaga dan pakar penerbangan dunia
Pertama, pesawat itu terbang di ketinggian yang paling aman, sekitar 35.000 kaki.
Kedua, Malaysia Airlines dinilai sebagai operator penerbangan yang terbaik.di dunia
Ketiga, Boeing 777-200 adalah pesawat dengan sokongan keselamatan terbaik saat ini.

Bagiamana MH370 bisa hilang? Itu masih misteri. Namun, hilangnya pesawat, dan kemungkinan adalah jatuhnya pesawat, seperti pada MH370 ternyata bukan pertama kali terjadi. Kes serupa ternyata pernah menimpa maskapai penerbangan negara lain termasuk Indonesia.

Pemerhati penerbangan Indonesia Dudi Sudibyo mengatakan, “Sebenarnya ada kasus yang mirip dengan hilangnya Malaysia Airlines ini, yaitu Air France (AF447) yang jatuh di lautan Atlantik dan Adam Air (DHI 574) yang jatuh di Perairan Majene ,Sulawesi Indonesia Timur”

“Pesawat tiba-tiba hilang kontak kurang lebih dua jam setelah lepas landas dan saat terbang di ketinggian yang sebenarnya paling aman,” ungkap Dudi saat dihubungi oleh media Kompas.com, Ahad(9/3/2014).

Dalam kasus Adam Air yang lepas landas pada 1 Januari 2007 pukul 12.55 WIB dari Airport Juanda Surabaya,Jawa Timur menuju airportĀ  Sam Ratulangi Manado,Sulawesi Utara. Namun, pesawat kemudian hilang kontak sejak pukul 15.05 WITA.(waktu Indonesia timur/utara)

Pada kes Air France, pesawat berangkat dari Airport Rio de Janeiro-Galeao. Brazil pada 31 Mei 2009 pada pukul 22.29 UTC menuju airportĀ  Charles de Gaulle, Paris.
Seharusnya pesawat itu tiba 10 jam 34 minit setelah penerbangan, namun 3 jam 6 minit setelah lepas landas, pesawat hilang kontak.

Dalam kes Adam Air dan Air France, yang terjadi ternyata adalah kecelakaan pesawat. Kedua pesawat itu jatuh di lautan. Dalam kes Malaysia Airlines, kecelakaan hingga jatuh ke laut masih dianggap sebagai senario terburuk dari kes hilang kontak ini.

Menurut Dudi, ada dua kemungkinan pesawat bisa hilang kontak pada ketinggian yang paling aman. Pertama adalah masalah teknikal yang sulit atau tidak segera dikendalikan pilot. Kedua adalah sabotaj yang dalam kes Malaysia Airlines dikaitkan dengan terorisme.

“Kalau pada Adam Air, seperti yang kita ketahui yang terjadi adalah masalah teknikal,” kata Dudi. Bagian pesawat yang disebut Internal Reference System (IRS) rosak. Bagian ini seharusnya diganti oleh manajemen maskapai namun hal itu tidak dilakukan.

Kerosakan IRS berdampak pada tak berfungsinya kemudi otomatik. Akhirnya, pilot tak sadar bahwa pesawat miring. Perubahan kemiringan terjadi 1 darjah per detik. Ketika kemiringan sudah lebih dari 35 darjah, pesawat tak stabil.

Kemiringan terus berubah hingga mencapai 100 darjah. Ketika pesawat makin tak stabil, pilot sudah kesulitan untuk membalikkan dan menstabilkan lagi. Akhirnya, pesawat pun jatuh ke laut, terbelah dua.

Dudi mengatakan, “kes Malaysia Airlines ini bisa saja disebabkan masalah teknikal, walaupun saya tidak mengesampingkan unsur sabotaj.” Namun, hal itu masih harus dibuktikan dengan mencari dan menyelidiki kotak hitam.

Pencarian kotak hitam, Dudi menduga, takkan mudah jika pesawat memang jatuh di lautan. Tragedi Adam Air, kotak hitam baru ditemukan setahun kemudian di dasar laut berkedalaman 2.000 meter. Kes Air France, kotak hitam baru ditemukan pada Mei 2011. Laporan resmi penyebab kecelakaan baru dirilis 5 July 2012.

Indonesia mengantar bantuan teknikal kepada kerajaan Malaysia dengan beberapa kapal perang TNI/AL dan pesaway pengintai dan lain-lain alat kelengkapan pencarian moden,Anda baca disini selengkapnya:

http://helmysyamza.wordpress.com/2014/03/09/tragedi-mas-mh370tni-al-bantu-pencarian-pesawat-malaysia-di-pulau-pinang/

Sumber;
Yunanto Wiji Utomo/SainsKompas.com
Editor by Wilhelmina

About these ads

About KI PANJI
Still more about nothing

2 Responses to Tragedi MAS-MH370;Hilangnya Malaysia Airlines Mirip dengan Kecelakaan Adam Air?

  1. Pingback: Tragedi MAS#MH370; Pesawat Berpusing-pusing di Sekitar Laut Andaman | FortunaMedia.com

  2. Pingback: #PrayForMH370:Ramai Rakyat Malaysia Buta Literasi Media?! | FortunaMedia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 646 other followers

%d bloggers like this: